icon-category Technology

Review: Ponsel Asik Harga Terjangkau untuk Milenial itu Bernama Samsung Galaxy A6

  • 25 Jul 2018 WIB
  • Bagikan :

     

    Uzone.id -- Kalau sudah menyebut nama Samsung, nggak sedikit orang langsung berpikir bahwa ponsel ini cocok untuk kaum kelas menengah ke atas dan pekerja yang memiliki gaya hidup mewah. Padahal, ada juga lini produk harga terjangkau untuk anak muda namun tetap asik di genggaman.

    Yup, ia adalah Samsung Galaxy A6. Pertama kali diperkenalkan pada awal Mei dan mulai gencar dijual di pasaran pada Juni kemarin, Galaxy A6 ini memang ditargetkan untuk kaum remaja, milenial, dan konsumen yang mendambakan smartphone berspesifikasi mumpuni tanpa harus bokek berlebihan ketika membelinya.

    Nah, saat punya kesempatan menjajal ponsel Galaxy A6 yang memang menargetkan untuk milenial, gue langsung mencoba sejumlah aktivitas ala milenial pada umumnya: main game, nonton, dan… foto-foto!

    Baca juga: Unboxing Samsung Galaxy A6

    Enak dipakai main game dan nonton tanpa baterai panas.

    Galaxy A6 ini ukurannya pas di tangan dan nyaman digenggam karena bahannya bukan kaca yang licin. Layarnya saja sudah mengusung Infinity Display berukuran 5,6 inci. Untuk main game dan nonton video sampai film bakal terasa lebih maksimal.

    Nonton video dan streaming film pakai ponsel ini dapat tahan lebih dari 6 jam dengan pengisian baterai 100 persen. Lumayan gaes, bisa nonton sampai 3 film! Kapasitas baterai ponsel ini 3.000 mAh. Oh iya, belum lagi audio dari Dolby Atmos yang mendukung suara lebih ngena lagi ketika kamu pakai earphone.

    Sementara untuk bermain game, Galaxy A6 juga memberikan pengalaman yang cukup sempurna dari segi baterai yang nggak pernah panas, serta intensitas warna dari gambar yang disajikan juga termasuk jelas serta jernih.

    Hampir nggak ada lag atau crash saat sedang bermain game, ataupun freezed ketika streaming video durasi panjang. Kalau kalian belum tahu, Galaxy A6 ini ditenagai oleh prosesor 1,6 GHz Octa-core dan RAM 3GB ROM 32GB. Not bad, lah…

    Foto-foto tanpa insecure kelihatan jelek, he he he.

    Sebentar deh, bukan berarti kamera Galaxy A6 penuh kepalsuan, gaes… Tapi, kameranya memang terbilang bagus untuk di pencahayaan baik maupun agak gelap.

    Galaxy A6 ini mengusung satu kamera belakang dengan resolusi 16MP dan bukaan lensa f/1.7. Kamera depannya pun sama gaes, yaitu 16MP dengan aperture f/1.9.

    I have to say, kamera belakang ponsel ini bagus saat menjepret objek di ruangan tertutup alias indoor dengan pencahayaan standar. Malah, hasilnya sedikit lebih terang dari yang gue bayangkan. Contohnya hasil foto di sebuah restoran bernama Bourbon Eatery & Coffee yang agak sendu suasananya.

    Kamera belakangnya mampu menangkap objek -- dalam hal ini, makanan super lezat bernama Pasta Bruschetta dan Salmon Teriyaki -- dengan fokus yang lumayan bagus lengkap dengan efek bokeh di belakangnya.

    Sementara hasil foto yang satu ini, meski bokeh-nya nggak terlalu menonjol, tapi fokusnya tetap dapat dan cukup tajam warnanya, gaes. Plus… warnanya nggak gelap! Me so happy

    Sebagai tambahan, nih. Karena sekarang kita hidup di era yang kaya akan konten, gue akan jabarkan secara singkat pengalaman gue merekam video pakai Galaxy A6.

    Untuk pengambilan gambar, tingkat cahaya yang masuk ke dalam lensa terbilang baik. Namun, Galaxy A6 memang bakal lebih maksimal jika kamu merekam objek di tempat dengan pencahayaan bagus. Untuk transisi dan pergerakan di dalam video, hasil dari Galaxy A6 juga lumayan bagus tanpa banyak noise. Tetap seru kalau kamu punya banyak ide konten video, gaes.

    Lalu, kalau berbicara soal kamera depannya… hasil jepretan Galaxy A6 terbilang oke. Ada dua tipe kalau mau selfie. Pertama, pengaturan normal. Kedua, selfie focus.

    Kalau kamu selfie dengan pengaturan normal, maka hasilnya nggak ada efek bokeh atau blur pada bagian belakang. Nah, lain halnya dengan selfie focus yang sudah pasti fokusnya hanya di wajah kamu aja. Hasil fotonya, wajah kamu tampak lebih mulus, namun nggak membuatnya jadi serba putih juga.

    (Hasil selfie dengan pengaturan normal, tanpa filter dan bokeh)

    (Hasil foto menggunakan selfie focus)

    Secara keseluruhan, Galaxy A6 ini bukan ponsel pintar sembarangan yang cuma menjual resolusi kamera asal besar doang. Dengan harga Rp3,79 juta, Samsung nggak tanggung-tanggung untuk menyajikan produk untuk gaya hidup milenial yang serba instan, canggih, dan tahan lama.

    So, Galaxy A6 patut dipertimbangkan kalau kamu ingin ganti smartphone dengan spesifikasi apik dan harga di bawah Rp5 juta hi hi hi.

    Cek informasi menarik lainnya di Google News

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini