home ×
Gadget

Review Samsung Galaxy A71 Haze Crush Silver: Dapat Fitur Mewah S20 Series

02 September 2020 By
Review Samsung Galaxy A71 Haze Crush Silver: Dapat Fitur Mewah S20 Series
Share
Share
Share
Share

 

Uzone.id - Bukan cuma menghadirkan warna baru Haze Crush Silver, tapi Galaxy A71 versi baru ini juga diperkaya fitur-fitur kamera yang sebelumnya cuma ada di Galaxy S20 series.

Samsung Galaxy A71 sejatinya sudah diluncurkan pada awal tahun 2020 lalu. Saat itu ponsel ini dirilis untuk menjawab kebutuhan ponsel gaming yang bisa diandalkan. Makanya tak heran kalau ponsel ini langsung jadi ponsel resmi yang dipakai pada ajang Piala Presiden eSport 2020. 

Kini Samsung kembali merilis ponsel tersebut. Bukan sekadar mengumumkan ulang, tapi juga membawa sejumlah perubahan yang signifikan tapi dengan harga yang masih sama. 

Warna Baru yang Keren

Pertama dari sisi desain. Kalau cuma penambahan fitur di ponsel, mungkin cukup dengan proses upgrade secara online saja. Tapi ini juga ada yang berbeda dari sisi desain Samsung Galaxy A71. 

Warna baru yang dirilis pertengahan 2020 ini disebut Haze Crush Silver. Gampangnya bisa kita sebut silver doff, dan ini sepertinya bakal menjadi warna favorit Samsung di 2020 ini. Lihat saja Galaxy Note20 series yang juga menggunakan warna serupa. 

Dari semua pilihan warna yang ada, kami jelas lebih suka Haze Crush Silver ini. Lebih elegan, lebih macho dan nggak mudah licin di tangan.  Warna belakangnya semakin terkesan elegan ketika tersorot sinar. Di situ terlihat ada gradasi warna yang memisahkan bagian bodi satu sama lain. 

Lalu kalau bicara soal dimensi dan tata letak port, sepertinya tidak ada yang berbeda dari versi awal tahun lalu. Speaker, USB-C port charging dan jack audio 3.5mm masih diletakan berbaris di bagian bawah ponsel. Tombol volume dan power ada di sebelah kanan, dan slot untuk kartu SIM dan microSD ada di sebelah kiri. 

Performa Tak Jauh Berbeda

Dalam kurun waktu enam bulan sejak diluncurkan pertama kali ada beberapa penyempurnaan piranti lunak di Samsung Galaxy A71. Umumnya soal perbaikan sistem keamanan, tapi terkadang update tersebut juga berdampak pada performa. Tak banyak memang dan hanya terlihat ketika kalian melakukan benchmark sintetis. 

Spesifikasi masih sama, yakni menggunakan chipset Snapdragon 750G yang disandingkan dengan RAM 8GB dan memori internal 128GB. Embel-embel G pada chipset tersebut menandakan bahwa ponsel ini memang dioptimalkan untuk kebutuhan gaming. 

Saat menguji Samsung Galaxy A71 awal tahun lalu dengan AnTuTu, kami bisa menorehkan skor 252.055 namun untuk versi baru ini sedikit lebih rendah yakni 232.256. Pun begitu perlu dicatat adanya perbedaan versi AnTuTu yang dipakai, versi 8.2.2 untuk Samsung Galaxy A71 dan versi 8.4.1 untuk pengujian kali ini. 

Saat dipakai untuk memainkan game performanya juga seperti tidak ada perbedaan. Untuk game kelas berat seperti Asphalt 9 Samsung Galaxy A71 masih bisa bermain di frame rate 25-33 fps. 

Oh ya ada satu fitur menarik yang cuma ada di Samsung Galaxy series. Seluruh ponsel ini dilengkapi dengan gaming booster yang berfungsi memaksimalkan ponsel saat kalian sedang bermain game. Prinsip kerjanya menutup semua aplikasi dan menyembunyikan notifikasi agar tidak mengganggu selama permainan. 

Dengan fitur tersebut maka ponsel bisa bekerja dengan optimal tanpa terbebani aplikasi lain yang berjalan di belakang layar. Ada sedikit peningkatan saat ini fitur ini diaktifkan, dan hasil berbeda-beda tiap perangkat, namun umumnya ada direntang 10-20%. 

 

Fitur Baru Kamera yang Menggoda

Nah, kalau dari luar hanya terlihat dari warnanya saja, maka kalau di dalam ada sejumlah perbedaan antara Samsung Galaxy A71 yang dirilis awal tahun dengan Samsung Galaxy A71  versi Haze Crush Silver yang baru dirilis ini. 

Secara spesifikasi masih sama, yakni secara berurutan  64MP untuk wide (bukaan F1.8), 12MP ultra-wide F2.2, 5MP macro F2.4, 5MP depth-sensor F2.2 dan ada LED flash. Secara kualitas persis tidak ada bedanya dengan versi awal tahun lalu. Kalian bisa cek hasil foto-fotonya pada tautan berikut ini. 

Baca juga: Review: Harga Rp 6 Juta, Galaxy A71 Enak Buat Gaming

Perbedaan utama ada pada fitur baru bernama Single Take. Jadi secara umum Single Take itu bekerja dengan merekam dalam durasi tertentu, kemudian bagian-bagian dalam rekaman tersebut dibuat foto dan video pendek dengan komposisi yang dinilai pas. Ada juga yang sudah dilengkapi filter untuk menambah efek dramatis. 

Single Take sangat pas dipakai saat kalian sulit menentukan angle dan komposisi foto yang menarik. Contohnya ketika ingin mengambil foto anak yang sedang bermain. Atau adegan lain yang menuntut objek fotonya bergerak. Ini bisa diatasi dengan Single Take. 

Selain Single Take fitur lain yang diturunkan ke  Samsung Galaxy A71  ini adalah Pro Mode. Memang, fungsi ini sebenarnya sudah ada di versi Galaxy lain yang bahkan di bawah A71. Tapi fungsi di sini lebih komplit, nyaris serupa dengan Galaxy S20.

Kesimpulannya

Secara performa memang tak ada yang berubah dari Samsung Galaxy A71 terbaru ini. Chipset masih sama, pilihan memori juga sama sama, kamera dan bodi semuanya identik dengan versi awal tahun lalu. Perbedaan yang kentara ya jelas cuma pada warna barunya saja. 

Bertambahnya fungsi seperti Single Take dan Pro Mode di kamera memang menjadi salah satu nilai jual. Tapi pengguna Galaxy A71 yang belu awal tahun juga bisa mendapatkan fungsi ini melalui update peranti lunaknya. Soal warna baru mutlak.

Makanya bagi kami warna baru ini adalah diferensiasi yang menarik dari generasi awal lalu, ditambah ponsel ini dijual dengan harga yang tak berbeda yakni di Rp 6,5 juta. 



Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

1 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
aiya 06 September 2020 | 12:20:59

samsung galaxy a71 mantap jg

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article