icon-category Gadget

Review Singkat Asus Zenbook 14 OLED, Laptop Premium yang Murah

Asus Zenbook 14 OLED (Foto: Muhammad Faisal/Uzone.id)

Uzone.id - Dua laptop Zenbook terbaru telah diluncurkan ke Indonesia. Namun berbeda dengan Zenbook pada umumnya, laptop bernama Asus Zenbook 14 OLED dengan nomor model UM3402 dan UX3402 masuk ke seri ‘Zenbook Classic’ yang dijual dengan harga lebih murah.

Meski begitu, Asus Indonesia tetap menjamin desain dan build quality premium khas Zenbook yang sudah lama mereka pertahankan. Kedua laptop ini menampilkan warna yang berbeda, begitu juga desain desain pada logo di penampang belakang layar.

Asus Zenbook 14 OLED dengan model UX3402 mempunyai dua opsi warna, Ponder Blue dan Aqua Celadon. Penampang belakang layarnya menampilkan logo monogram ‘A’ yang pertama kali diperkenalkan di Zenbook edisi 30th Anniversary.

Sedangkan versi UM3402, mengusung logo ‘A’ yang lebih kecil dan sederhana. Secara, laptop dengan prosesor AMD Ryzen 5000 Series ini juga dijual dengan banderol harga yang lebih murah.

Baca juga: Asus ZenBook 14 OLED Dipasarkan, Laptop Premium Harga Rp15 Jutaan

Form factor ringkas, ada ErgoLift

Kedua laptop ini dirancang agar mudah dibawa kemanapun pengguna pergi, terutama bagi pengguna yang sering bekerja secara mobile. Bobotnya cuma 1,39 kg saja dengan ketebalan laptop hanya 16,9mm.

Konsep laptop Zenbook seri premium masih diaplikasikan oleh Asus untuk seri Zenbook Classic ini. Engsel ErgoLift misalnya, yang membuat laptop dapat dibuka hingga 180 derajat.

Dengan ini, pengguna dapat mengetik atau bekerja dengan pengaturan sudut pandang yang lebih nyaman. ErgoLift juga berfungsi agar penampang keyboard sedikit terangkat. Tujuannya agar posisi tangan pengguna saat mengetik atau bekerja lebih pas dan tak mudah pegal.

ErgoLift pada Asus Zenbook 14 OLED ini dipadukan dengan desain yang juga jadi ciri khas jajaran seri Zenbook, yakni Spun Metal Finish.

Mengetik tetap nyaman dengan ErgoSense Keyboard

Asus Zenbook 14 OLED mengusung desain ErgoSense Keyboard yang membuat pengalaman mengetik jadi lebih baik. ErgoSense merupakan konsep desain semi full-size dengan jarak antar keycap mencapai 1,4mm.

Jarak ini terbilang pas, sehingga menghadirkan pengalaman mengetik yang nyaman dengan tingkat akurasi yang tinggi. Untuk mengatasi ketiadaan tombol nomor yang biasa dihadirkan oleh keyboard full-size, Asus menyertakan touchpad khas dengan fitur NumberPad. 

NumberPad merupakan tombol nomor virtual yang bisa diaktifkan dengan menekan logonya di sudut kanan atas touchpad. Tombol-tombol ini dapat pengguna manfaatkan untuk memasukkan nomor di Microsoft Excel, kalkulator, dan area kerja lainnya.

Baca juga: Review Asus Vivobook Pro 14 OLED: Performa Pas, Baterainya Awet

Layar OLED beresolusi tinggi

Baik Asus Zenbook 14 OLED UM3402 dan UX3402, sama-sama mengusung panel OLED dengan resolusi 2,8K alias 2.880 x 1.800 piksel. Layarnya dapat menampilkan warna yang kaya serta natural, berkat cakupan warna DCI-P3 100%.

Layar OLED dengan rasio melebar 16:10 ini pun sudah mendapatkan sertifikasi Pantone Validated dan VESA HDR True Black yang menjamin kualitas visual dengan warna yang sangat kaya dan akurat.

Asus Zenbook 14 OLED juga dibekali fitur bernama Eye Care yang sudah disertifikasi oleh TUV Rheinland untuk low-blue light dan anti-flicker. Fitur tersebut mengurangi spektrum cahaya biru yang berbahaya untuk mata secara drastis tanpa mengorbankan kualitas visual. 

Demi memberikan pengalaman yang smooth saat mengoperasikan layar, panel OLED di laptop ini telah mendukung refresh rate sampai 90Hz dengan touch response 0,2ms.

Performa andal dengan Intel Core 12th Gen dan AMD Ryzen 5000 Series

Asus Zenbook 14 OLED ditenagai oleh prosesor terbaru dan powerful dari Intel dan AMD. Untuk model UX3402, Asus menyematkan prosesor Intel Core 12th Gen. Sedangkan varian UM3402, dilengkapi chipset AMD Ryzen 5000 Series yang tak kalah moncer.

Keduanya sama-sama tak dibekali dengan GPU atau kartu grafis discrete. Kendati begitu, pengolahan grafis dari laptop ini bisa mengandalkan Intel Iris Xe untuk model UX3402 dan AMD Radeon untuk versi UM3402.

Keduanya sama-sama ditunjang oleh RAM berjenis LPDDR5 dengan kapasitas sampai 8 GB untuk UM3402 dan 16 GB untuk UX3402. Memori penyimpanannya sama-sama berjenis SSD PCIE 4.0 Performance dengan kapasitas sampai 512 GB.

“Kombinasi semua komponen terkini tersebut membuat Zenbook 14 OLED dapat selalu diandalkan untuk berbagai aktivitas penggunanya,” jelas Asus.

Baterai yang disematkan di dalamnya juga punya daya tahan yang panjang. Berdasarkan pengujian internal Asus Indonesia, baterai 75Wh tersebut bisa bertahan hingga 18 jam pemakaian normal.

Baca juga: Review Asus TUF Dash F15: Gaming Mantap, Kerja pun Nyaman

Ketersediaan port lengkap

Akhirnya, ada juga laptop ringkas dengan ketersediaan port dan konektivitas yang lengkap. Asus Zenbook 14 OLED menyuguhkan port yang bervariasi dan sudah sesuai harapan kami.

Ada USB-A 3.2 gen 2, kemudian port USB-C yang sudah mendukung Thunderbolt 4 yang dapat dipakai untuk menghubungkan dengan layar eksternal atau pengisian daya, kemudian HDMI 2.0b, jack audio, serta microSD reader.

Namun khusus Asus Zenbook 14 OLED versi AMD, port USB-C tidak mendukung Thunderbolt 4, lantaran teknologi itu memang eksklusif disediakan untuk perangkat dengan prosesor Intel saja.

Sedangkan soal konektivitas, terdapat WiFi 6E yang bisa secara otomatis tersambung pada sinyal terkuat di area tersebut dan Bluetooth 5 untuk menghubungkan perangkat ke gadget secara nirkabel.

Noise cancellation untuk meeting online

Jajaran laptop terbaru dari Asus gak cuma dipasangkan panel OLED saja, fitur AI Noise-Cancelling pun disertakan untuk menambah experience pengguna. 

Fitur ini membuat pengguna tidak perlu khawatir lagi dengan suara bising di sekitarnya saat melakukan video conference. Fitur tersebut dapat diaktifkan melalui aplikasi My Asus.

Ditambah, ada teknologi 3DNR pada kamera Zenbook 14 OLED yang memungkinkan penggunanya untuk tetap dapat melakukan video conference dalam kondisi yang minim cahaya dengan noise yang minim.

Baca juga: VIDEO: Review Asus TUF Dash F15, Laptop Gaming buat Kantoran

Harga dan garansi 

Seri laptop Asus Zenbook biasanya dibanderol dengan harga yang mahal, lantaran memang disiapkan sebagai laptop kelas premium. Namun seri Asus Zenbook 14 OLED, Asus menjualnya dengan harga di bawah Rp20 juta.

Asus Zenbook 14 OLED UX3402 dengan prosesor Intel Core 12th Gen dijual di Indonesia dengan harga mulai Rp17.299.000 untuk model Intel Core i5 dan Rp19.299.000 untuk varian Intel Core i7.

Sedangkan Asus Zenbook 14 OLED UM3402 dengan prosesor AMD Ryzen 5-5625U dijual Rp15.299.000. Kedua laptop ini sudah tersedia di Indonesia.

Kedua laptop ini dilindungi oleh garansi global selama 2 tahun dan 1 tahun untuk Asus VIP Perfect Warranty.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini