icon-category Auto

Rifat Sungkar Beberkan Penyebab Mobil Kebakaran

  • 15 Dec 2021 WIB
  • Bagikan :

    Uzone.id - Mobil terbakar di jalan semakin sering kejadian. Apalagi kejadiannya gak pandang bulu, mau mobil baru, mobil lawas, mobil murah sampai mobil mewah, punya potensi kebakaran.

    Kenapa banyak mobil-mobil yang kebakaran?

    Menurut penjelasan Brand Ambassador Mitsubishi, Rifat Sungkar, dalam beberapa kasus, mobil terbakar bisa terjadi di area mesin bagian belakang dan ada pula bagian depan. 

    "Untuk yang biasanya terjadi, kebakaran di mesin bagian depan terjadi ketika mobil pernah satu atau dua kali melewati genangan air, masalahnya tidak kelihatan. Genangan air ini cukup jahat karena tidak semua mobil prepare tahan guyuran air," ujar Rifat Sungkar, dalam sesi virtual conference.

    Baca juga: BMW Punya Logo Baru, Gak Bakal Muncul di Mobil

    Jadi ada mobil dengan ECU (Electronic Control Unit) yang posisinya di bawah. Ada pula yang memiliki air intake di bawah bumper. DAn dua kondisi ini bisa menjadi penyebab korsleting.

    Korsleting tersebut bisa terjadi karena selama mobil beroperasi tentunya banyak komponen yang menghasilkan panas. Itulah penyebabnya.

    "Bahkan ada kejadian mobil baru terbakar karena power steering putus dan terkena heater. Jadi penyebab mobil terbakar banyak pemicunya," terang Rifat Sungkar.

    Sedangkan untuk mobil mesin belakang, karakternya berbeda. Kejadiannya karena sistem kelistrikan tidak bekerja dengan baik.

    Mesin juga dekat dengan knalpot dan biasanya knalpot panasnya berlebih, sehingga kabel mengalami panas berlebih pula.

    "Kalau lihat di YouTube supercar banyak terbakar itu beda lagi. Biasanya knalpot panas dan membakar bumper dan bumper membakar mesin. Jadi banyak penyebabnya," tutup Rifat Sungkar.

    VIDEO Review Honda CR-V RD1:

    Cek informasi menarik lainnya di Google News

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini