home ×
Digilife

Robot Kurir Ciptaan Alibaba Bisa Kirim 50 Paket Sekaligus

17 September 2020 By
Robot Kurir Ciptaan Alibaba Bisa Kirim 50 Paket Sekaligus
Share
Share
Share
Share

 

Uzone.id - Dalam Apsara Conference yang digelar Alibaba Cloud hari ini, Kamis, 17 September 2020, perusahaan raksasa internet asal China itu juga memperlihatkan robot kurir yang canggih. Tak hanya bisa membawa 50 paket sekaligus, tapi juga mampu menghindari rintangan di jalan.

Robot kurir ini bisa jadi ancaman bagi sumber daya manusia yang bekerja di industri pengiriman barang. Bayangkan jika satu robot bisa mengantar 50 paket sekaligus dalam satu waktu. Robot-robot itu bisa berjalan di jalan raya yang ramai, mampu menghindari rintangan dan mendeteksi kemungkinan tabrakan di jalan.

Konsepnya sama dengan self driving car. Bentunya pun mirip seperti mobil angkut namun bentuknya kecil. Kendaraan kurir ini bernama Autonomous Logistics Robot untuk jasa pengiriman jarak jauh.

Baca juga: Alibaba Pamer Cloud Computing Seukuran KTP

Robot mobil kurir ini ikembangkan oleh Alibaba DAMO Academy, inisiatif penelitian global oleh Alibaba Group. Robot untuk jasa pengiriman ini dapat membawa 50 paket sekaligus dan menempuh hingga jarak 62 mil (atau 100 kilometer) dengan sekali pengisian daya.
Diperkirakan robot mobile ini dapat mengirimkan sebanyak 500 paket sehari ke satu komunitas atau kampus yang dituju, sehingga bisa memenuhi permintaan yang meningkat untuk pengiriman paket jarak jauh dengan cepat di China.

Diketahui, saat ini, tren belanja online semakin melonjak di China, dengan 200 juta paket dikirim setiap hari dan diperkirakan semakin meningkat menjadi 1 miliar paket per hari di tahun-tahun mendatang.

"Kami memperkirakan adanya lonjakan permintaan layanan pengiriman yang cepat yang dibawa oleh Ritel Gaya Baru (New Retail) dan bisnis layanan lokal yang berkembang di dunia yang semakin terdigitalisasi. Untuk memenuhi permintaan pengiriman yang tinggi, pertumbuhan bisnis internal kami, serta bagi masyarakat yang lebih luas, kami telah berinvestasi dalam smart logistic, termasuk logistic robot, selama bertahun-tahun. Kami dengan senang hati meluncurkan robot mobile untuk jasa pengiriman terbaru, yang juga untuk mendukung Cainiao, platform logistik Alibaba, untuk melayani komunitas, kampus, dan pusat-pusat bisnis di China," ujar Presiden Alibaba Cloud Intelligence, Jeff Zhang, dalam presentasinya di Apsara Conference secara online.

Baca juga: Alibaba Ingin Investasi ke Grab?

Dia menambahkan jika ke depan Alibaba akan mendukung kebutuhan pengiriman bisnis layanan lokal dan memanfaatkan teknologi untuk jenis robot layanan lainnya, seperti robot layanan pelanggan di bandara dan robot pemandu wisata di tempat-tempat wisata.

Didukung dengan teknologi pembelajaran yang semakin kokoh, robot intelegensi ini dapat menjadwalkan rutenya bahkan di lingkungan yang ramai sekalipun. Dengan teknologi pemosisian high definition yang dipatenkan, robot dapat beroperasi bahkan saat sinyal GPS lemah maupun kondisi tidak ada sinyal.

Memanfaatkan platform komputasi yang dikembangkan sendiri dan bersifat heterogen, teknologi 3D Point Cloud Semantic Segmentation (PCSS), dan pembelajaran mendalam (deep learning), robot juga mampu mengidentifikasi hambatan serta memprediksi arah pergerakan penumpang dan kendaraan beberapa detik sebelumnya guna meningkatkan keselamatan.

Konsumen dapat menggunakan aplikasi mobile Cainiao atau Taobao untuk memilih jadwal pengiriman yang diinginkan di hari pemesanan. Setelah robot tiba di tujuan yang ditentukan, pengguna dapat mengambil paket hanya dengan memasukkan kode unik yang diterima melalui aplikasi.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

2 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
gian emoticon 18 September 2020 | 03:31:42

gila robot nya canggih banget kapan ya negara kita punya

Siyo No 17 September 2020 | 14:02:51

robor yang sangat canggih

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article