home ×
Digilife

Ruang Penyimpanan Google Hampir Penuh? Ikuti 4 Tips Berikut ini

09 September 2021 By
Ruang Penyimpanan Google Hampir Penuh? Ikuti 4 Tips Berikut ini
Share
Share
Share
Share

Uzone.id - Google memberikan penyimpanan sebesar 15GB secara gratis bagi penggunanya di Google Drive. Jika tidak cukup, Google memberikan opsi untuk menambah kapasitas penyimpanan berkas dengan biaya langganan tiap bulannya.

Kapasitas 15GB yang disediakan Google ini dibagi ke beberapa layanan seperti Gmail, Google Drive dan Google Photo. Maka dari itu, dengan jatah penyimpanan sekitar 15GB, pengguna kadang mendapati akun Google Drive nya tiba-tiba penuh. 

Baca juga: Cara Matikan Fitur Autoplay saat Nonton di Netflix

Akibatnya, pengguna tidak bisa menambahkan file lain atau tidak bisa menerima pesan email baru di Gmail mereka.

Selain membeli kapasitas tambahan perbulan, kalian bisa mengatasi hal tersebut dengan mengikuti beberapa tips berikut ini:

Hapus berkas di Google Drive

Google Drive menjadi tempat banyak orang menyimpan berbagai file. Tak heran jika kebanyakan penyimpanan banyak digunakan di Google Drive.

Salah satu yang bisa kalian lakukan untuk mengatasi penyimpanan Drive yang hampir penuh adalah menghapus secara permanen file-file yang sudah tidak dibutuhkan.

Caranya, klik kanan pada file yang ingin kalian hapus, lalu pilih opsi Remove/Hapus. Selanjutnya, file akan masuk ke Trash/Sampah yang ada di bagian kiri layar menu. 

Setelah itu, klik kanan pada file tersebut dan pilih Delete Forever/Hapus Selamanya. Atau kalian bisa menggunakan opsi Empty Trash/Kosongkan Sampah untuk menghapus file sampah secara sekaligus.

Hapus email berukuran besar

Email biasanya memiliki ukuran yang sangat kecil, tapi email juga bisa berukuran besar dan memakan banyak penyimpanan karena melampirkan file seperti foto dan video. Inilah yang kadang membuat penyimpanan cepat penuh.

stephen-phillips-hostreviews-co-uk-3Mhgvrk4tjM-unsplash

Nah, cara cepat untuk menghapus email dengan ukuran besar, kalian bisa menulis ‘Larger:1mb’ untuk email yang lebih dari 1MB, atau ‘Larger:5mb’ untuk yang lebih besar dari 5MB dan seterusnya di kolom pencarian Gmail. 

Setelah itu, kalian bisa mencentang ikon disamping email untuk menghapusnya satu persatu atau ‘select’ yang ada di bagian atas pesan-pesan tersebut untuk menghapusnya secara sekaligus.

Hapus foto di Google Photos

Kalian mungkin sering menyimpan berbagai foto di Google Photos secara terus menerus, dan tanpa sadar memori penyimpanan kalian tiba-tiba penuh.

Untuk mengosongkan kembali penyimpanan Google Drive, salah satu caranya adalah menghapus foto yang tidak terlalu penting. 

Caranya, masuk ke Google Photos, lalu pilih foto yang ingin dihapus. Kemudian, klik ikon centang yang ada pada foto tersebut, lalu klik ikon hapus yang ada di kanan atas menu.

Baca juga: Ponsel Tiba-Tiba Panas? Begini Cara Mengatasinya

Setelah itu, masuk ke menu Trash/Sampah, klik Empty Trash/Kosongkan Sampah untuk menghapus file secara permanen dan sekaligus.

Jika kalian tak ingin segera menghapusnya, kalian bisa membiarkannya lebih dulu dan setelah 60 hari, file tersebut akan otomatis terhapus.

Ubah ukuran foto Google Photos

Jika kalian tidak ingin menghapus file-file foto yang ada di Google Photos, kalian bisa menggunakan opsi ini. 

Agar penyimpanan tidak banyak terpakai saat menyimpan foto ke Google Photos, kalian bisa mengubah ukuran file menjadi lebih kecil dari aslinya.

Caranya, buka photo.google.com melalui browser, lalu login ke akun Google kalian. Setelah itu, masuk ke menu Pengaturan/Settings di kanan atas layar lalu pilih opsi Storage Saver/Penghemat penyimpanan

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id