icon-category Startup

Ruangguru Mendadak PHK Ratusan Karyawan

  • 18 Nov 2022 WIB
  • Bagikan :
    Sumber foto: Ilustrasi/Youtube Ruangguru

    Uzone.id - Menyusul GoTo, startup pendidikan, Ruangguru, turut melakukan PHK massal karyawan-karyawannya hari ini, Jumat, (18/11). 

    Dengan adanya kabar ini, tercatat dua perusahaan teknologi di Indonesia melakukan pemutusan kerja karyawan di hari yang sama, yaitu GoTo dan Ruangguru.

    Dari kabar yang beredar, pemangkasan karyawan ini dilakukan mendadak dan dilakukan melalui email pribadi karyawan dan jumlah pegawai yang terdampak pemangkasan ini mencapai ratusan orang. Perusahaan pun menyebut kalau efisiensi ini dilakukan karena kondisi pasar global.

    Baca juga: GoTo Resmi PHK Massal 1.300 Karyawan

    "Hari ini Ruangguru melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) dengan sebagian pegawai Ruangguru,” kata Corporate Communication Ruangguru dikutip uzone.id dari CNBC, Jumat, (18/11).

    “Terdapat ratusan pegawai Ruangguru yang terdampak dari pemutusan hubungan kerja ini. Keputusan sulit ini diambil karena situasi pasar global yang memburuk secara drastis," tambahnya.

    Ruangguru akan melakukan pertemuan (Townhall) dengan seluruh tim Ruangguru untuk mengumumkan dan juga mengungkapkan alasan PHK massal yang terjadi di perusahaan.

    Sementara itu, karyawan yang terdampak akan mendapatkan pesangon, uang penghargaan masa kerja, dan penggantian hak cuti yang sesuai dengan peraturan perundangan.

    Baca juga: Sea Group PHK Karyawan Lagi, Shopee Ikut Terdampak

    Kompensasi dan tunjangan-tunjangan ini akan dibayarkan penuh tanpa potongan, begitupun juga dengan gaji bulan terakhir yang akan dibayar dengan penuh.

    “Kami pun juga memperpanjang asuransi bagi yang terdampak," tambahnya.

    Selain memberikan tunjangan, Ruangguru juga berkomitmen akan membantu karyawan dalam mencari pekerjaan baru termasuk dengan mengerahkan perekrutan khusus.

    Cek informasi menarik lainnya di Google News

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini