icon-category Startup

RUN System ERP Dipakai Metranet Anak Usaha Telkom

  • 18 Oct 2022 WIB
Bagikan :

Uzone.id – RUN System semakin gencar dukung akselerasi transformasi digital di seluruh sektor Industri di Indonesia. Belum lama ini, RUN System dipercaya untuk mendukung digitalisasi di salah satu anak usaha milik Telkom, yaitu PT Metra-Net (Metranet).

Kick-off implementasi yang dihadiri oleh perwakilan manajemen dari kedua belah pihak ini digelar pada akhir Q3 2022 lalu di Jakarta. Kolaborasi ini, mendukung strategi pemerintah dalam optimalisasi transformasi digital di Indonesia.

Kerja sama ini membuktikan kapabilitas RUN System sebagai startup penyedia solusi ERP (Enterprise Resource Planning) andal dengan kompatibilitas di semua sektor dan industri guna mencapai target digitalisasi pemerintah di Indonesia.

Metranet sendiri sebagai salah satu anak perusahaan Telkom, yang bergerak di percepatan transformasi digital dengan fokus pada pengembangan bisnis di Digital Advertising, Big Data, Financial Services, Digital Content, B2B E-Commerce, Digital Adjacent Service.

Baca juga: Pendapatan RUN System Tumbuh Signifikan di Semester 1 2022

Dengan kata lain, kolaborasi ini turut mengekspansi pasar RUN System ke berbagai industri digital baru, seperti penyedia layanan pembayaran mobile, perdagangan elektronik, hingga hiburan digital.

Hal ini juga memperkuat kepercayaan publik terhadap layanan dan solusi yang diberikan RUN System dalam membantu mempermudah proses bisnis dan administrasi di berbagai sektor industri melalui digitalisasi.

Seperti diketahui, Menteri BUMN Indonesia Erick Thohir menyampaikan 3 strategi besar
transformasi digital BUMN. Pertama, melalui pembangunan dan pengembangan infrastruktur digital yang merata di seluruh penjuru Indonesia.

Kedua, berkontribusi terhadap pengembangan masyarakat digital. Ketiga, mengakselerasi ekosistem ekonomi digital.

Pada kesempatan terpisah, Erick juga pernah menyebut bahwa jumlah BUMN termasuk anak perusahaan serta afiliasi di Indonesia mencapai lebih dari 500 perusahaan. Sementara itu, TelkomGroup sendiri sebagai salah satu tulang punggung digitalisasi di Indonesia memiliki 90 anak usaha dan afiliasi.

Metranet bergabung dengan puluhan BUMN dan anak perusahaan BUMN yang menggunakan RUN System ERP, yang memiliki lokal konten 100 persen.

Baca juga: RUN System Digitalisasi Perhutani Mengandalkan Produk R1

Di sisi lain, pemerintah juga berupaya mengembangkan hilirisasi rantai pasokan di Indonesia yang didukung ekosistem digital yang dapat menghubungkan pemain industri bahan baku (hulu) dengan industri barang jadi (hilir).

Salah satu prioritas pemerintah dalam hal tersebut adalah digital procurement melalui E-Katalog untuk mendorong pembelian produk dalam negeri serta integrasi dengan industri logistik Indonesia, sesuai dengan target peningkatan TKDN (Total Komponen Dalam Negeri) menjadi 50 persen pada tahun 2024.

Hal ini didukung pula oleh investasi pemerintah pada Dana Desa yang salah satunya ditujukan untuk pengembangan BUMDes (Badan Usaha Milik Desa) dan UMKM desa.

RUN System selain dengan produk ERP-nya, berkomitmen mendukung strategi tersebut dengan rangkaian solusi digital lain yang ditawarkan seperti RUN Market (Marketplace Digital), IKAS (P2P Point of Sales untuk UMKM dan BUMDes), serta R1 (ERP untuk usaha segmen menengah).

Harapannya dengan berbagai solusi yang dimiliki, akan memperkuat ekosistem digitalisasi yang akan mendukung pemerintah dalam transformasi ekonomi dan digital di Indonesia.

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini