icon-category Gadget

Spesifikasi dan Harga iPhone 14, 14 Plus, 14 Pro dan 14 Pro Max

Uzone.id - iPhone 14, 14 Plus, 14 Pro dan 14 Pro Max telah diluncurkan pada perhelatan Apple Event 2022 bertajuk ‘Far Out’. Kuartet iPhone 14 Series ini ditunjang oleh spesifikasi kelas atas, terutama varian Pro dan Pro Max yang membuatnya layak disebut sebagai ‘true flagship’.

“Ini menjadi ikon berikutnya dari iPhone," jelas Greg Joswiak, Apple Senior Vice President of Worldwide Marketing.

Nah, berikut ini spesifikasi lengkap dari iPhone 14 standar, 14 Plus, 14 Pro dan 14 Pro Max.

iPhone 14

Hilangnya varian Mini di jajaran iPhone, otomatis membuat iPhone 14 menjadi model dengan ‘spesifikasi paling rendah’. Smartphone ini masih tampil dengan desain yang mirip generasi sebelumnya, walau ukuran notch atau poninya sudah diperkecil.

Smartphone ini dibekali dengan panel Super Retina XDR OLED berukuran 6,1 inci yang telah didukung oleh fitur HDR10 serta Dolby Vision. Intensitas cahaya layarnya mencapai 1.200 nits, sehingga pengguna masih memperoleh kualitas visual yang maksimal walau menggunakan ponsel di bawah terik matahari.

Cukup disayangkan, iPhone 14 belum mengadopsi refresh rate yang tinggi. Kendati begitu, layarnya sudah dilindungi oleh ceramic glass yang tahan gores dengan coating oleophobic.

Ya, iPhone 14 masih saja mengusung ‘desain berponi’. Desain yang bertahun-tahun dipertahankan Apple yang justru sudah jauh ketinggalan ketimbang ponsel Android kebanyakan.

Poni ini menjadi tempat buat TrueDepth Camera untuk Face ID dan kamera selfie dengan sensor 12MP. Sementara di belakang, terpasang dua kamera 12MP dengan lensa wide dan ultrawide yang diletakkan pada ‘bingkai kamera boba’.

Dijelaskan Caron Thor selaku Manager Camera Image Quality di Apple, sepasang kamera 12MP ini menghasilkan foto dengan kualitas 2 kali lebih baik dari iPhone 13, khususnya untuk pemotretan di malam hari. 

Baca juga: Kuartet iPhone 14 Series Melenggang Resmi

Khusus untuk kamera utama, sudah didukung OIS atau optical image stabilization agar pengambilan video jauh lebih stabil. Kehadiran OIS pun membuat pengambilan foto malam lebih detail dan minim noise.

"Untuk video, Action Mode membuat pengguna mengambil video yang mulus yang didukung Dolby Vision," jelasnya.

Beralih ke dapur pacu, iPhone 14 masih ditenagai oleh prosesor Apple A15 Bionic. Apple pun menyebut, iPhone 14 akan diberikan konfigurasi memori penyimpanan dari 128 GB, 256 GB sampai 512 GB. 

Sementara untuk baterai, Apple memberikan jaminan daya tahan yang lebih baik dari seri sebelumnya. Oiya, iPhone 14 pun menjadi seri pertama yang sudah berjalan langsung di iOS 16 terbaru.

iPhone 14 Plus

Awalnya, ponsel ini diprediksi sebagai iPhone 14 Max. Smartphone ini menjadi pengganti seri ‘Mini’ dari iPhone yang justru gagal memenuhi ekspektasi Apple. 

iPhone 14 Plus menampilkan layar yang lebih besar dengan ukuran 6,7 inci. Masih sama dengan iPhone 14 standar, refresh rate layarnya masih biasa saja alias 60Hz.

Tak ada perbedaan signifikan antara iPhone 14 standar dengan varian Plus. Selain layarnya yang memang lebih besar, baterai ponsel ini juga terbilang tangguh.

Apple bahkan mengklaim baterai iPhone 14 Plus membuatnya menjadi seri iPhone dengan daya tahan baterai paling panjang sampai saat ini. 

"iPhone 14 Plus menjadi model dengan daya tahan baterai paling panjang saat ini," ucap Kaiann Drance, VP of iPhone Product Marketing.

Baca juga: Daftar Smartphone Realme yang Bisa Update ke Android 13

iPhone 14 Pro

Kalau dua iPhone sebelumnya terasa biasa saja, mungkin iPhone 14 Pro langsung mengobati rasa kekecewaan kalian. Selain dikemas dengan desain yang baru, iPhone 14 Pro juga ditenagai oleh spesifikasi dan fitur yang jauh lebih over powered lagi.

Panel dan ukuran layarnya sama dengan iPhone 14, namun layar ini sudah mendukung refresh rate 120Hz yang adaptif, bahkan sampai 1Hz. Layarnya pun punya rasio lebih tinggi berkat desain yang baru. Ya, smartphone ini menampilkan lubang kamera alias punch hole di tengah atasnya.

Lubang kamera yang disebut 'Dynamic Island' ini menjadi tempat buat TrueDepth Camera untuk keperluan Face ID. Komponen tersebut menyimpan SL 3D dengan sistem pengenalan wajah yang canggih untuk membuka kunci layar secara aman dan cepat.

Lalu disematkan juga kamera selfie 12MP dengan autofokus yang membuat penggemar swafoto mendapatkan hasil foto selfie menakjubkan. 

Di belakang, bingkai kameranya menjadi lebih bulky. Sebabnya, Apple menyertakan kamera utama 48MP yang juga didukung oleh sensor-shift OIS. Kemudian dipasangkan dengan kamera telephoto 12MP dengan OIS yang mampu memperbesar gambar secara optik sampai 3 kali. 

Lalu, terdapat kamera ultrawide 12MP dan ToF 3D LiDAR untuk keperluan foto bokeh yang mumpuni.

Vitor Silva, Product Manager iPhone menjelaskan, kamera 48MP pada iPhone 14 Pro menggunakan skema pengambilan gambar quad-sensor. Dengan teknologi ini, empat piksel digabungkan menjadi 1 piksel berukuran besar, sehingga menghasilkan foto di resolusi 12MP dengan detail dan warna yang bermutu tinggi.

"Dibandingkan iPhone 13 Pro, foto low-light lebih baik dua kali lipat," jelasnya.

"12MP telephoto yang memberikan kualitas foto dan video lebih baik dari sebelumnya. Sementara 12MP ultrawide yang baru dengan sensor yang besar memiliki 3x foto low-light lebih baik," sambung Vitor.

Gak cuma kamera yang lebih jago, dapur pacunya juga jauh lebih kencang. Apple A16 Bionic dengan fabrikasi 4nm disematkan pada iPhone 14 Pro. Prosesor dengan 6-core ini bahkan diklaim sebagai chipset untuk smartphone paling kencang saat ini.

Baca juga: 5 Life Hack iPhone yang Bisa Kamu Coba!

"Fokusnya ada tiga, power efficiency, display dan kamera. Ini adalah prosesor terkencang untuk smartphone saat ini, bahkan 40 persen lebih cepat dari kompetitor," klaim Greg. 

Adapun untuk konfigurasi memori internalnya, ada 128 GB, 256 GB, 512 GB dan 1 TB untuk versi tertingginya. Sedangkan pada bagian baterainya, dapur pacu yang kencang ditunjang juga daya tahan baterai yang mumpuni berkat 4-core efficiency yang disandingkan dengan 2-core performance pada Apple A16 Bionic.

iPhone 14 Pro Max

Versi dengan spesifikasi tertinggi, iPhone 14 Pro Max. Perbedaan signifikan ketimbang iPhone 14 Pro adalah bagian layar dan kapasitas baterainya. 

Smartphone ini dibekali dengan layar 6,7 inci, paling besar dan memuaskan di antara iPhone lainnya. Apalagi ditambah dengan refresh rate 120Hz yang super mulus.

"Layarnya juga sangat terang dengan intensitas cahaya peak sampai 2.000 nits, dan ini tertinggi dibanding smartphone apapun," imbuh Greg.

"Baterainya lebih baik lagi. All-day battery life. Ini adalah iphone yang paling advanced yang pernah kita buat," jelas Greg.

Seluruh iPhone 14 Series ini juga dilengkapi dengan fitur Emergency SOS melalui satelit. Dengan koneksi ke satelit, kendala seperti tidak terhubung ke jaringan akibat berada di bukit berbatu dan tempat yang jauh, tak lagi terjadi.

Pengguna pun bisa meminta bantuan darurat kepada pihak terkait secara langsung melalui koneksi satelit. Menariknya, pengguna bisa mengatur posisi iPhone mereka agar sejajar dengan posisi satelit untuk melakukan komunikasi secara seamless.

Harga iPhone 14 Series

iPhone 14 Series sudah bisa dipesan secara pre-order pada 9 September mendatang. Sementara penjualan perdananya dilakukan pada 16 September 2022 nanti.

Soal harga, iPhone 14 dijual dengan harga mulai USD 799 atau Rp11,8 jutaan, iPhone 14 Plus dibanderol USD 899 atau Rp13,3 jutaan, iPhone 14 Pro dipasarkan USD 999 atau Rp14,8 jutaan dan iPhone 14 Pro Max dijual seharga USD 1.099 atau Rp16,3 jutaan.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini