icon-category Digilife

Saatnya Move On dari Windows 7 dan 8, Bakal 'Mati' Seminggu Lagi

Ilustrasi perangkat dengan OS Windows 8 (Foto: Tadas Sar/Unsplash)

Uzone.id -  Kalian masih jadi pengguna setia Windows 7 atau Windows 8? Sebaiknya cepetan upgrade OS perangkat kalian. Pada 10 Januari 2023 nanti, Microsoft akan menghentikan dukungan apapun untuk dua OS lawas ini, termasuk update keamanan.

Pengguna memang masih diizinkan atau tetap bisa menggunakan sistem operasi ini di perangkat mereka. Namun, pengguna tetap disarankan untuk segera upgrade, karena tak akan ada lagi update keamanan, dukungan teknis, apalagi pembaruan versi OS untuk kedua sistem operasi jadul tersebut.

Bukan cuma dukungan buat OS saja, Microsoft juga menghentikan aplikasi bawaan seperti browser Edge untuk Windows 7 dan Windows 8 mulai 12 Januari mendatang. Dikutip dari The Verge, Microsoft Edge 109 jadi versi terakhir yang diberikan, dan ke depannya tidak lagi mendapatkan pembaruan.

Bahkan bukan cuma Microsoft saja, Google juga menyetop dukungan buat sistem operasi legendaris itu. Malah waktu penghentian support yang diberikan Google terjadi sebentar lagi, tepatnya pada 7 Januari 2023.

Baca juga: Lenovo IdeaPad Duet 5i, Tablet Windows Buat Para Kreator

Ratusan juta perangkat terancam

Walau Microsoft menghentikan dukungan untuk Windows 7 dan Windows 8 di Minggu depan, tapi nyatanya jumlah perangkat yang menjalankan salah satu dari kedua sistem operasi tersebut masih cukup banyak. 

Dari data tahun 2021, sekitar 100 juta perangkat masih menjalankan Windows 7. Kalau tak kunjung melakukan update sistem operasi, perangkat tersebut berisiko menghadapi berbagai bug keamanan atau serangan siber yang tak lagi bisa ditangani oleh sistem keamanan OS.

Bahkan, dari survei yang dilakukan Lansweeper terhadap 27 juta perangkat berbasis Windows pada Oktober tahun lalu, ditemukan lebih banyak PC yang masih menjalankan Windows XP, 7, atau 8, ketimbang jumlah yang sudah menjalankan Windows 11.

Microsoft sebenarnya sudah beberapa kali menghentikan dukungan untuk Windows 7. Awalnya pada Januari 2015, kemudian diperpanjang sampai Januari 2020. Tapi lagi-lagi diperpanjang karena penggunanya masih banyak.

Baca juga: Main Game Android di PC Windows Gak Perlu Emulator Lagi

Saking banyaknya pengguna yang masih menggunakan Windows 7, Microsoft sampai memberlakukan biaya tambahan kepada pengguna untuk tetap mendapatkan patch keamanan selama 3 tahun ke depan.

Nah, kalau kalian masih menggunakan perangkat berbasis Windows 7 atau Windows 8, sebaiknya update OS kalian ke Windows 10 atau Windows 11. Jikapun perangkat tidak memungkinkan spesifikasinya, Microsoft merekomendasikan untuk mengganti perangkat ke yang lebih baru sebelum 10 Januari 2023 untuk menghindari potensi masalah keamanan.

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini