icon-category Auto

Sah! Luca Marini Jadi Pengganti Marc Marquez di Repsol Honda

  • 28 Nov 2023 WIB
Bagikan :

Uzone.id - Repsol Honda akhirnya mengumumkan Luca Marini sebagai pengganti Marc Marquez untuk MotoGP 2024. Luca Marini sebelumnya telah menghabiskan tiga musim di MotoGP bersama tim VR46 Ducati milik kakaknya yakni Valentino Rossi.

Pebalap Italia berusia 26 tahun itu adalah nama terakhir dari sekian banyaknya kandidat pengganti Marc Marquez. Sebelumnya Johann Zarco, Maverick Vinales, Aleix Espargaro, Miguel Oliveira, Fabio Di Giannantonio, dan Pol Espargaro menjadi kandidat yang dirumorkan.

Awalnya Honda bersikeras menawarkan kontrak satu tahun saja untuk pebalap pengganti Marc Marquez. Namun hal ini membuat sebagian pebalap mundur, karena khawatir kerja sama hanya berlangsung sementara saja, mengingat banyak pebalap berpotensi yang memiliki kontrak hingga akhir 2024.

Seiring akhir musim balap 2023 yang semakin dekat, sikap Honda Racing Corporation (HRC) pun melunak. Hingga akhirnya Luca Marini bergabung untuk membantu proyek MotoGP Honda dengan kontrak dua tahun.

Pengumuman bergabungnya Marini ke Repsol Honda juga ia publikasikan sendiri di akun Instagram pribadinya, @lucamarini10.

"Sekarang sudah resmi, mimpi saya terwujud. Saya akan mengerahkan segalanya @hrc_motogp," tulis Marini di postingan fotonya yang memperlihatkan dirinya waktu kecil mengenakan jaket Repsol dan helm balap. 

Akun resmi @motoGP di Instagram juga memposting ulang foto masa kecil Marini, dan menuliskan captionnya sebagai berikut, "impian masa kecil sudah terpenuhi, @lucamarini10 sudah siap menghadapi babak baru yang begitu mendebarkan sebagai pebalap pabrikan."

Luca Marini sendiri tidak pernah menyembunyikan keinginannya untuk membalap bersama tim pabrikan. Adik Valentino Rossi ini telah meraih podium dan juara balapan MotoGP pertamanya di tahun ini dan menyelesaikan kejuaraan di urutan ke-8.

Namun lebih dari itu, Marini dianggap sebagai pebalap yang cerdas dan analitis. Pebalap bernomor 10 itu dikenal karena umpan baliknya yang tepat dan sering menghabiskan waktu berjam-jam menyisir data.

Hal-hal inilah yang meyakini Repsol Honda untuk dapat membawa RC213V kembali ke barisan terdepan.

Di Repsol Honda, Luca Marini akan bergabung dengan juara dunia MotoGP 2020 Joan Mir. Kemudian terdapat Johann Zarco dan Takaaki Nakagami yang mengisi paddock tim satelit LCR Honda.

Sebagai tambahan informasi, Repsol Honda telah mengakhiri kerjasama 11 tahunnya bersama Marc Marquez. Dalam kerjasama yang panjang ini, Marc Marquez telah membawa enam juara dunia di kelas MotoGP bersama pabrikan Jepang tersebut.

Namun usai cedera berkelanjutan di 2020, Marc Marquez belum lagi mendominasi balapan MotoGP bersama Repsol Honda. Diduga ketertinggalan pengembangan motor menjadi salah satu penyebab Marquez jarang berada di barisan terdepan.

Pada sesi tes resmi Misano beberapa bulan lalu, menjadi titik balik Marc Marquez meyakini untuk meninggalkan Repsol Honda karena perkembangan motor yang kurang signifikan.

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini