icon-category Digilife

Saingan Baru ChatGPT, Giliran Alibaba Ujicoba Chatbot AI ‘Tongyi Qianwen’

  • 12 Apr 2023 WIB
Bagikan :

Uzone.id — ChatGPT terus menerus digempur kehadiran chatbot-chatbot AI dari berbagai perusahaan teknologi. Setelah Bard dari Google, Ernie Bot dari Baidu dan beberapa aplikasi AI lainnya, muncul satu nama lagi yang akan menjadi pesaing ChatGPT.

Alibaba, raksasa teknologi dari China memamerkan model AI mereka yang diberi nama Tongyi Qianwen pada hari Selasa, (11/04) waktu setempat. 

Menurut laporan Reuters, model bahasa AI ini dapat menyusun surat undangan, membuat rencana perjalanan, dan memberi saran make up untuk dibeli dalam rekaman demonstrasi.

Chatbot AI ini kabarnya akan diintegrasikan ke aplikasi-aplikasi di bawah naungan Alibaba seperti DingTalk, dimana nantinya AI ini bisa meringkas catatan meeting, menulis email hingga menyusun proposal bisnis.

Menurut CEO Alibaba, Daniel Zhang, teknologi ini akan membawa perubahan besar pada cara berproduksi, bekerja, dan menjalani hidup.

Selain DingTalk, teknologi AI ini juga akan ditambahkan ke Tmall Genie, asisten suara buatan Alibaba.

Melihat integrasi chatbot AI ke mesin pencarian seperti Google dan Microsoft, tak menutup kemungkinan kalau nantinya Alibaba akan memasukkan Tongyi Qianwen ini ke dalam browser milik mereka, UC Browser.

Selain Alibaba, perusahaan China lainnya yaitu SenseTime juga meluncurkan produk AI baru termasuk chatbot yang disebut SenseChat pada hari Senin lalu, (10/04).

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini