Gadget

Saingi Galaxy Z Fold, Apple Siapkan Dua iPhone Fold Sekaligus

  • 21 September 2021
  • Bagikan :

    Ilustrasi (Foto: Ist)

    Uzone.id - Dimulai dari Samsung Galaxy Z Fold, sudah jelas akan ada ponsel lipat lainya dari vendor ponsel Android lainnya. Bahkan Apple pun diprediksi ikut membuatnya.

    Tidak tanggung-tanggung, dua iPhone Fold alias iPhone lipat tengah dalam masa penyempurnaan untuk segera diproduksi. Walaupun kita mungkin tidak akan melihatnya sampai tahun 2023.

    Seperti dikutip Uzone.id dari Gizchina, Selasa (21/9), LG dikabarkan akan membantu Apple untuk membuatkan panel fleksibelnya. Kita tahu, vendor asal Korea Selatan ini punya keahlian di bidang tersebut.

    Baca juga: iPhone Lipat itu Nyata, Apple Sedang Mengujinya

    Konon purwarupa iPhone Fold ini bila dibentangkan akan berukuran 7,5 inci. Ya, mirip dengan apa yang sudah dilakukan oleh Samsung pada Galaxy Z Fold3.

    Samsung Galaxy Z Fold3 (Foto: Dok Samsung)


    Menariknya lagi, peranti ini akan dibekali dengan layar OLED terbaru untuk menemani bezel tipis di sekitar bodinya.

    Menariknya, mantan analis industri terkenal Ming-Chi Kuo juga mengumumkan bahwa iPhone yang dapat dilipat akan tiba pada tahun 2023, tetapi menyebut Samsung Display sebagai pemasok layar OLED 8 inci.

    Menurut ramalannya, pengiriman iPhone dengan layar fleksibel pada 2023 akan mendapatkan sambutan hangat dengan prediksi mencapai 15-20 juta unit.

    Baca juga: Samsung Galaxy Z Fold3|Flip3 Dipesan Sampai 800 Ribu Unit, 57 Persen Anak Muda

    Masih menurut Ming-Chi Kuo, pada awalnya, Apple tidak akan bisa mengalahkan Samsung di ceruk ponsel yang dapat dilipat. Bahkan setelah peluncuran iPhone yang dapat dilipat, pangsa vendor raksasa Korea Selatan tidak akan turun di bawah 75 persen.

    Diprediksi, secara total, 90 juta ponsel lipat dapat dikirimkan ke pasar pada 2023, dan 100 juta pada 2025.

    Ancaman Vendor China

    Tentu saja Apple harus bergerak cepat, sebab selain itu Samsung, perusahaan China seperti Xiaomi, Oppo dan Vivo berencana untuk merilis smartphone fleksibel untuk kuartal ketiga tahun ini.

    Awal tahun ini, Xiaomi telah memperkenalkan Mi Mix Fold dengan layar fleksibel: model ini mulai dari 1.300 euro. Ponsel lipat mendatang dilaporkan akan lebih murah, walaupun kita tidak akan tahu akan semurah apa.

    Ponsel Lipat Oppo (Dok: Ist)


    Oppo dapat merilis perangkat yang dilengkapi dengan layar bergulir. Pemilik akan dapat meregangkan perangkat ini, mengubahnya menjadi komputer tablet kecil.

    Juga dicatat bahwa permintaan akan smartphone fleksibel akan tumbuh. Tahun depan, menurut analis, pengapalan gadget jenis ini secara global akan melebihi 10 juta unit.