home ×
Digilife

Saudara TikTok di China Sudah Punya Alat Pembayaran

26 January 2021 By
Saudara TikTok di China Sudah Punya Alat Pembayaran
Share
Share
Share
Share

 

Uzone.id - DouYin, aplikasi video pendek yang memang bersaudara dengan TikTok kini telah meluncurkan alat pembayaran. Perusahaan milik ByteDance itu meluncurkan fitur bernama DouYin Pay.

Buat kamu yang belum tahu, TikTok itu sebenarnya punya saudara kembar di China, namanya DouYin. TikTok merupakan versi internasional dari DouYin agar bisa memperluas cakupan penggunanya ke seluruh dunia.

Baca juga: Adakan Jumpa Penggemar, Artis TikTok Diperiksa Polisi

Kini aplikasi itu kian maju di negara Tembok Besar itu dengan adanya jasa pembayaran pihak ketiga bagi TikTok versi China. Mengutip dari Reuters, 26 Januari 2021, ide ini muncul untuk ikut bersaing dan melengkapi pilihan pembayaran digital yang sudah ada. Juga untuk memperluas pengalaman para pengguna aplikasi sebelumnya.

Dibuatnya aplikasi pembayaran digital ini merupakan langkah awal untuk mewujudkan rencana ByteDance yang hendak merambah dunia bisnis e-commerce di negara Tiongkok. Ekspansi ByteDance ini dipicu oleh makin ketatnya regulasi finansial di Tiongkok terhadap perusahaan dibidang teknologi keuangan, khususnya perusahaan Ant Group.

Baca juga: Fitur Baru di TikTok, Bisa Tanya Jawab

Peneliti dan analis pasar menbeberkan bahwa sektor pembayaran pihak ketiga di Tiongkok didominasi oleh Alipay dan Wechat Pay dengan persentasi mencapai 55,39 persen dari total pasar di kuartal kedua tahun 2020, diikuti JD Pay, Baidu Wallet dan Meituan Pay.

Sebelumnya, para pengguna aplikasi Douyin menggunakan aplikasi pembayaran milik Ant Group, Alipay dan WeChat Pay untuk membeli item di platform tersebut atau memberi hadiah virtual bagi para host live stream. 

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article