icon-category Digilife

SDPPI Kominfo Siapkan Leader Era Digital Lewat Training EMDA

  • 27 Feb 2024 WIB
Bagikan :

Uzone.id – Ditjen SDPPI (Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika) dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) resmi membuka pelatihan EMDA (Effective Mentorship in The Digital Age) pada hari Senin, (26/02).

Pelatihan yang berlangsung dari tanggal 26 Februari hingga 1 Maret 2024 di Bandung, Jawa Barat ini diikuti oleh 23 orang yang merupakan ketua UPT Kemenkominfo dari berbagai wilayah di Indonesia.

Para pejabat ini merupakan pejabat-pejabat eselon 3 & 4 dari Kemenkominfo yang berasal dari Direktorat Standardisasi, Balai Monitor Spektrum Frekuensi dan Loka Monitor Spektrum Frekuensi Radio dari berbagai daerah seperti Aceh, Merauke, Pangkal Pinang, Mamuju, Palu, Denpasar, Jayapura dan lainnya.

Dwi Handoko selaku Direktur Operasi Sumber Daya Ditjen SDPPI Kominfo menyambut baik pelatihan dengan tajuk Effective Mentorship in The Digital Age (EMDA) ini, menurutnya ini menjadi sebuah bekal bagi para pemimpin di tengah era digital.

Ditemui tim Uzone dalam acara pembukaan pelatihan EMDA, Senin, (26/02), Dwi mengatakan kalau para kepala UPT ini memimpin orang-orang yang berasal dari organisasi berbeda.

alt-img

“Para Kepala UPT di seluruh Indonesia ini memimpin satu organisasi atau satu unit kerja yang mana terdiri dari generasi-generasi yang berbeda, ada generasi Baby Boomer, Millennial dan ada generasi Gen Z juga,” ujarnya.

Di tengah ragamnya generasi ini, Dwi menyebut terdapat kekosongan atau generation gap yang menjadi tantangan bagi para leader tersebut, dimana kepala UPT harus bisa menghantarkan generasi-generasi tersebut untuk bisa memimpin secara lebih baik dengan budaya dan tradisi yang sudah ada lalu disatukan dengan budaya saat ini, yakni budaya digital.

“Jadi di kesempatan ini, pelatihan EMDA ini memiliki tujuan ke arah situ, yaitu mewariskan budaya-budaya baik yang sudah ada dari lama dan tetap mengembangkan budaya digitalnya,” ujar Dwi.

Acara ini juga dihadiri oleh President Director PT. Metra-Net dari Telkom Indonesia, Didik Budi Santoso. Fyi, perusahaan ini bergerak di industri digital dengan anggota karyawan yang berasal dari berbagai generasi.

“Leader di era digital ini harus paham beberapa hal, pertama dia harus paham dulu situasi pasar, kemudian yang kedua dia juga harus paham situasi talent sebagai penggerak pasar dan yang terakhir juga harus memahami diri sendiri,” ujarnya.

Menyambung pada pelatihan ini, Didik mengatakan kalau training EMDA ini menjadi sebuah momentum yang cukup baik, apalagi pesertanya merupakan kepala UPT dari masing-masing provinsi di Indonesia.

Dengan adanya pelatihan ini para senior leader disini mungkin mereka sudah cukup paham, kita hanya melakukan recall kitanya berbagi saja sharing bahwa ada sesuatu yang besar yang sedang terjadi di negara ini

“Diharapkan dengan mengikuti acara ini, para kepala UPT ini paham bahwa ternyata mereka punya tanggung jawab besar dalam membangun legacy-nya, karena saya yakin Kepala UPT ini pasti punya anak buah yang mungkin tersebar di daerah-daerah di provinsi,” tambahnya.

Didik menambahkan, “Sehingga sebagai kepala UPT, mereka bisa memberikan role dan bisa memberikan contoh yang kemudian secara cascading sampai ke para pegawai mereka yang menjadi agen-agen perubahan. Dengan begitu, impact regulasi yang turun dari pusat sampai ke daerah akan penetrasi dengan cepat.”

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini