icon-category Digilife

Training ‘BROAD’ Ditjen SDPPI Sukses Digelar, Bekal ASN di Era Digital

  • 12 Feb 2024 WIB
Bagikan :

Uzone.id – Orientation Training untuk pegawai PPPK Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (Ditjen SDPPI) batch pertama akhirnya telah selesai dilaksanakan.

Pelatihan ini digelar selama kurang lebih 2 pekan, dari Minggu, 21 Januari sampai Sabtu, 3 Februari 2024. Pelatihan ini dilaksanakan di dua lokasi, yakni pekan pertama di Pusat Pendidikan Perhubungan (Pusdikhub) TNI AD dan pekan kedua di Gedung Telkom Corporate University Center (TCUC), Gegerkalong, Kota Bandung.

Diikuti 35 peserta yang merupakan pegawai PPPK yang baru dilantik dari berbagai kota di Indonesia, acara ini berfokus pada pembentukan karakter, mental dan soft skill untuk membangun SDM yang mumpuni, andal, profesional, dan berkompeten, baik dari sisi teknis, manajerial, maupun sosiokultural.

“Pelatihan ini tidak hanya (berfokus pada) pengetahuannya saja, akan tetapi mental dan karakternya juga ikut dilatih. Yang paling penting, mereka diajarkan apa itu core value ASN BerAkhlak serta implementasinya di kehidupan sehari-hari, khususnya dalam pekerjaan di satuan kerjanya,” kata Syaharuddin, ST, MT, Kepala Balai Besar Pengujian Perangkat Telekomunikasi Ditjen SDPPI dalam acara penutupan pelatihan bertajuk BROAD ‘BerAkhlak Orientation and Beyond', Sabtu, (03/2).

alt-img

Syaharuddin menjelaskan kalau core value ini harus diinternalisasikan ke seluruh pegawai di SDPPI agar manfaat tersebut mendarah daging di setiap insan jiwa pegawai SDPPI. 

Terlebih di era digital dan perkembangan teknologi yang semakin dinamis, perlu bagi Kemenkominfo yang merupakan leader di sektor transformasi digital untuk membentuk karakter yang kuat agar bisa menghadapi tantangan era digital di masa depan.

Pelatihan ini juga merupakan wujud komitmen dari para pimpinan SDPPI untuk meningkatkan pengembangan kompetensi bagi seluruh pegawai mereka.

“Kami melakukan ini setiap tahun untuk pegawai baru yang masuk ke SDPPI sehingga ketika mereka masuk, mereka sudah dibekali bahwa kita akan menempa mereka untuk memiliki karakter core value BerAkhlak,” tambah Siti Chadidjah, Ketua Tim Kerja Manajemen SDM, Organisasi, dan Reformasi Birokrasi, Setditjen SDPPI dalam acara yang sama.

Pelatihan ini merupakan permulaan dan menjadi pondasi kuat untuk para pegawai karena nantinya para pegawai PPPK SDPPI ini akan terus diberikan pelatihan yang sesuai dengan pekerjaan mereka. 

Menggandeng Telkom untuk melaksanakan pelatihan core value BerAKHLAK ini, Syaharuddin mengatakan kalau Telkom merupakan salah satu perusahaan yang leading dalam novasi TIK.

“Melalui kegiatan ini, disamping mereka dilatih secara fisik dan mentalnya, mereka juga dilatih dengan soft skill bagaimana menghadapi kemajuan teknologi kedepannya dan tantangan kedepannya bersama dengan Telkom Corporate University. Karena Telkom adalah salah satu perusahaan yang Leading dalam inovasi TIK,” tambahnya.

Setelah sukses menggelar batch pertama, pelatihan serupa untuk ASN Ditjen SDPPI Kominfo akan berlanjut ke batch kedua yang rencananya akan diikuti oleh 29 pegawai PPPK yang juga baru dilantik oleh Kemenkominfo.

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini