home ×
Digilife

Sebelum Rusuh, Pendukung Trump Bikin Isu Sesat di TikTok

07 January 2021 By
Sebelum Rusuh, Pendukung Trump Bikin Isu Sesat di TikTok
Share
Share
Share
Share

(Foto: Kon Carampelas / Unsplash)

Uzone.id - Menjelang protes pendukung Presiden Donald Trump yang digelar untuk merebut perhitungan resmi suara elektoral di Washington DC, seruan mengajak kekerasan bisa ditemukan dalam diskusi di Twitter, TikTok, platform sayap kanan Parler, dan forum online yang dibentuk tahun lalu untuk mendukung Donald Trump, menurut penelitian dari norpartisan nirlaba Advance Democracy.

Pada Rabu (6/1/2021) sore, massa pro-Trump menyerbu Capitol hingga bentrok dengan petugas dengan perlengkapan anti huru hara dan seorang wanita dilaporkan tewas ditembak.

Sebelum protes berlangsung, beberapa video TikTok yang mempromosikan kekerasan telah ditonton ribuan kali, dengan satu pengguna menganjurkan para pemrotes untuk membawa senjata ke Washington DC, menurut Advance Democracy.

BACA JUGA: Facebook Join Twitter Tangguhkan Akun Donald Trump

Satu video TikTok yang berisi retorika kekerasan telah ditonton hampir 280.000 kali.

Di Twitter, terdapat lebih dari 1.250 postingan dari akun yang terkait dengan teori konspirasi QAnon tentang protes hari Rabu yang berisi istilah kekerasan sejak 1 Januari.

Keyakinan QAnon yang paling dasar menjadikan Presiden Trump sebagai pahlawan dalam perang melawan "deep state" dan komplotan rahasia jahat dari politisi Demokrat dan selebriti yang melecehkan anak-anak.

Satu postingan dari akun terkait QAnon me-retweet postingan dengan teori konspirasi tak mendasar bahwa para pengunjuk rasa Demokrat, Black Lives Matter, dan Antifa berencana membunuh pendukung Trump dan menganjurkan siapa pun yang memperhatikan orang-orang ini untuk "menyingkirkan mereka".

"Selama beberapa hari terakhir, kami telah melihat seruan yang belum pernah terjadi sebelumnya untuk kekerasan online di antara pendukung Trump yang paling bersemangat," kata Daniel J. Jones, presiden Advance Democracy.

 

VIDEO Jawara Uzone's Choice 2020 Adalah....

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

0 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article