icon-category Gadget

Segini Doang Skor Benchmark Google Pixel 7 Pro?

Uzone.id - Google Pixel 7 dan Pixel 7 Pro bakal diluncurkan hari ini (6/10). Jelang peluncurannya, benchmark Google Pixel 7 Pro dengan prosesor Tensor G2 pun beredar luas, seberapa kencang?

Leakster Yogesh Brar melalui akun Twitter-nya @heyitsyogesh membagikan skor benchmark Google Pixel 7 Pro di Geekbench dan AnTuTu Benchmark versi 9.

Di Geekbench, smartphone ini memperoleh skor 1.068 poin untuk single-core dan 3.149 poin untuk pengujian multi-core. Sedangkan saat diuji menggunakan AnTuTu versi 9, Google Pixel 7 Pro mendapatkan nilai benchmark 801.116 poin.

Baca juga: RIP Google Stadia, Bakal Ditutup Tahun Depan

Skor ini jauh lebih baik dari sebelumnya. AnTuTu Benchmark saja, selisihnya sampai 81 ribuan poin dari Google Pixel 6 Pro. 

Kalau head-to-head, kinerja Google Tensor G2 pada Pixel 7 Pro setara dengan prosesor Snapdragon 888 atau Snapdragon 888+. Memang tak sekencang Snapdragon 8 Gen 1 atau 8+ Gen 1, karena Tensor G2 lebih fokus pada peningkatan di ISP (image signal processing), machine learning dan kemampuan AI (artificial intelligence).

Google Tensor G2

Salah satu peningkatan besar yang dibawa oleh Google Pixel 7 Series adalah chipset Tensor G2. Rumornya, SoC (system on chip) tersebut dibuat dengan arsitektur 4nm, meningkat dari Tensor generasi pertama yang didasarkan dari fabrikasi 5nm.

Dari berbagai informasi yang dihimpun tim Uzone.id, Google Tensor G2 mengusung tiga kluster CPU yang terdiri dari 2-core Cortex-X1 dengan clock-speed 2,85 GHz, 2-core Cortex-A76 yang punya kecepatan 2,35 GHz serta 4-core lainnya dengan clock-speed 1,8 GHz.

Prosesor ini menggunakan kartu grafis Mali-G710, memberikan peningkatan grafis lebih baik ketimbang Google Tensor generasi pertama. Adapun untuk modem, menggunakan Samsung S5300 5G dengan stabilitas dan performa network lebih bagus.

Baca juga: Jadi Fitur Baru di Google Lens, AR Translate Secanggih Apa?

Spesifikasi Google Pixel 7 Series

Dari berbagai teaser yang dibagikan Google, kedua smartphone baru ini dirancang dengan bodi aluminium yang dilapisi anodized mengkilap. Khusus Google Pixel 7 Pro, smartphone ini punya layar dengan tepian melengkung dan bezel yang lebih tipis. 

Desain bagian depannya kurang lebih sama dengan Google Pixel 6 Pro, lengkap dengan lubang kamera mungil di tengah atas layar sebagai tempat bagi kamera selfie 11MP dengan fitur autofokus.

Google Pixel 7 Pro punya layar LTPO OLED berukuran 6,7 inci dengan resolusi QHD+. Refresh rate-nya 120Hz yang adaptif, mungkin dari 1Hz sampai 120Hz. 

Sementara Pixel 7, punya layar datar berjenis OLED berukuran 6,3 inci dengan resolusi Full HD+. Refresh rate-nya sudah 90Hz, gak terlalu cepat tapi lumayan smooth apalagi disandingkan dengan Android 13 stock.

Di bagian kamera, mirip seperti sebelumnya, kamera utama Pixel 7 Pro menggunakan sensor 50MP yang dikombinasikan dengan kamera telephoto 12MP dan kamera ultrawide 48MP. 

Sedangkan Google Pixel 7, kamera utamanya menggunakan 50MP dengan sensor ISOCELL GN1 dan 12MP dengan sensor Sony IMX381 sebagai ultrawide.

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini