icon-category Gadget

Segini Ukuran Foto yang Dipotret dengan Kamera 200 MP dari Samsung

Ilustrasi ponsel dengan sensor kamera 200MP

Uzone.id - Smartphone dengan sensor kamera 108MP sudah terdengar luar biasa bagi sebagian orang. Namun Samsung baru-baru ini membuat kamera 108MP seolah ketinggalan zaman, setelah memperkenalkan sensor kamera 200MP bernama ISOCELL HP1.

Samsung ISOCELL HP1 dilengkapi dengan algoritma deep learning, mirip seperti sensor kamera Samsung lainnya. Secara default, kamera ini dapat mengeluarkan foto beresolusi 50MP berkat skema pengambilan gambar pixel binning 2x2.

Menariknya, ada mode pengambilan gambar lain yang didukung oleh sensor baru Samsung. Kamera 200MP bisa menghasilkan gambar beresolusi 12,5MP asalkan skenario pixel binning 4x4 diaktifkan.

Punya resolusi super besar, sensor kamera 200MP tersebut juga memungkinkan ponsel merekam video 8MP pada 30 FPS. Sensor baru itu pun dibekali dengan ragam teknologi untuk meningkatkan kualitas foto maupun video, seperti Smart-ISO Pro, Staggered HDR, dan lainnya.

Baca juga: Review Samsung Galaxy A73 5G

Belum ada petunjuk smartphone apa yang pertama kali menggunakan sensor kamera 200MP buatan Samsung. Perusahaan asal Korea Selatan ini juga sama sekali tak menyebut apakah ponsel Galaxy generasi berikutnya akan menggunakan sensor kamera besar tersebut.

Dari rumor yang beredar, Xiaomi akan menjadi produsen pertama yang bakal memasangkan sensor kamera 200MP pada smartphone terbarunya.

Foto 200MP bisa dicetak sebesar billboard

Pasti Anda sulit mengira-ngira, sebenarnya seberapa besar hasil foto yang diambil dengan kamera 200MP. Samsung pun memberikan gambaran jelasnya melalui video terbaru di kanal YouTube resminya.

Video itu memperlihatkan sekelompok teknisi Samsung yang mencoba menangkap beberapa gambar kucing dengan sensor kamera 200MP. Bukan menggunakan smartphone, sensor tersebut justru dipasangkan pada alat khusus dan lensa tambahan.

Baca juga: Desain Unik dari Samsung Galaxy Buds 2 Pokemon Edition

Kemudian, teknisi Samsung mencetak foto 200MP menggunakan printer industri. Hasilnya pun mengejutkan, foto dapat dicetak pada kanvas berukuran 28 x 22 meter yang terdiri dari 12 potongan terpisah sepanjang 2,3 meter yang dijahit menjadi satu.

Foto itu seukuran billboard atau papan iklan yang digantung pada sebuah bangunan. Hebatnya, detail dan warna dari kucing yang dipotret masih dapat dilihat dengan jelas.

Itu berarti, sensor kamera ini memungkinkan pengguna smartphone untuk mengabadikan momen terbaik di detail tertinggi, meski sudah diperbesar beberapa kali. Meski demikian, ukuran file gambar ini akan jauh lebih besar ketimbang kamera dengan sensor 108MP yang biasanya menghasilkan foto sebesar 10 MB ke atas.

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini