icon-category Auto

Sejarah Mitsubishi Pajero Sport, Bukan Sekedar Ekstrak Pajero

  • 03 Aug 2020 WIB
Bagikan :

Uzone.id - Nama Pajero memang populer, saking populernya banyak yang ketuker atau menganggap Pajero Sport adalah juga Pajero. Padahal beda dalam banyak hal.

Nah, biar makin mengenal Pajero Sport, kita bakala bahas sejarahnya, setelah sebelumnya membahas sejarah panjang Pajero.

Di Indonesia sendiri, Pajero Sport sudah lumayan punya kiprah yang panjang dan cukup kuat secara nama. Beberapa generasi sudah diluncurkan.

Baca juga: Sejarah Mitsubishi Pajero, Berawal dari Jeep Willys

Generasi Pertama (1996)

alt-img

Generasi pertama Mitsubishi Pajero Sport dikenal dengan nama Mitsubishi Challenger yang dirilis pada tahun 1996.

Saat itu, generasi awal memiliki desain yang cenderung kotak dengan postur yang gagah.

Pada awalnya, Mitsubishi Challenger dipasarkan untuk pasar domestik Jepang saja. Namun penerimaan yang positif membuat setahun kemudian mobil tersebut di ekspor ke beberapa negara.

Kegiatan ekspor ini membuat Mitsubishi Challenger dikenal dengan nama yang berbeda disetiap negara, seperti Mitsubishi Pajero Sport (Eropa), Montero Sport (Amerika dan sekitarnya), Shogun Sport (Inggris) dan Strada G-Wagon (Thailand).

Seiring dengan perkembangannya, mobil ini tidak hanya dirakit di Jepang tapi juga di Tiongkok pada tahun 2003 dan Brazil tahun 2006.

Generasi Kedua (2008)

alt-img

Mitsubishi Pajero Sport generasi kedua memiliki konsep kendaraan All Round Family Sport Utility Vehicle (SUV), tetap tangguh di segala medan, namun tetap nyaman untuk menemani aktivitas perkotaan.

Mitsubishi Pajero Sport generasi kedua ini juga yang pertama kali masuk ke Indonesia pada tahun 2009.

Saat itu, Mitsubishi Pajero Sport dilengkapi dengan mesin 2.5L DOHC Commonrail Turbocharged and Intercooled, 4 Cylinder In-line (4D56) yang mampu menghasilkan tenaga maksimum 136 ps dan torsi maksimum 324 Nm. 

Kemudian dua tahun berselang, Mitsubishi Motors memberikan tambahan Variable Geometry Turbo (VGT) pada mesin 2.5-liter DI-D Commonrail ini agar lebih tangguh dan bertenaga namun tetap efisien bahan bakar.

Pada tahun 2013, Mitsubishi Pajero Sport mendapat penyegaran baik eksterior dan interior. Memasuki tahun 2014, Mitsubishi Motors kembali menambah varian Mitsubishi Pajero Sport V6 dengan mesin bensin V6 MIVEC 3.0L bertenaga 220 PS.

Generasi Ketiga (2015)

alt-img

MMC memperkenalkan Mitsubishi Pajero Sport generasi ketiga pertama kali di Thailand pada 2015.

Pada awal tahun 2016 MMC memperkenalkan Mitsubishi Pajero Sport generasi ketiga kepada pasar Indonesia dengan tampilan baru dan lebih modern.

Desain eksteriornya didominasi oleh garis-garis tajam ala Dynamic Shield khas Mitsubishi di bagian depan.

Sektor sumber penggerak juga dilengkapi dengan mesin baru 4N15 2,4L MIVEC dengan tenaga maksimal 181 PS dan torsi maksimal 430 Nm.

Mitsubishi Pajero Sport generasi terbaru ini dilengkapi dengan transmisi baru yaitu otomatis 8 percepatan, yang menawarkan perpindahan gigi lebih halus dan efisiensi bahan bakar yang lebih baik.

Sektor kaki-kaki juga mendapat penyempurnaan, sehingga lebih nyaman dikendarai dan semakin mudah dikendarai di berbagai medan.

Pada tahun 2019 lalu MMC memperkenalkan penyegaran untuk Mitsubishi Pajero Sport generasi ketiga di Thailand.

Sejak diluncurkan dari tahun 2009 hingga hari ini, penerimaan masyarakat akan Mitsubishi Pajero Sport di Indonesia sangat baik dengan populasi mencapai 160.000 unit.

VIDEO Test Drive Suzuki Ignis Facelift, Konsumsi BBM Irit Banget!

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini