home ×
Digilife

Selain Masker, Sabun Sampai Minyak Goreng Paling Dicari Netizen di Shopee

27 March 2020 By
Selain Masker, Sabun Sampai Minyak Goreng Paling Dicari Netizen di Shopee
Uzone

(Foto: Shopee/via Seluler.id)

Uzone.id -- Meski pemerintah mengimbau warga menetap di rumah selama pandemi corona agar tetap aman, buktinya warganet tetap aktif berbelanja online di situs e-commerce seperti Shopee.

Membayangkan berbelanja online di tengah virus corona seperti sekarang, pasti langsung terbayang orang-orang yang memburu produk berbau kesehatan seperti masker, hand sanitizer, vitamin C, dan lain-lain.

Nyatanya, ada beberapa produk lain yang tak kalah sering dicari oleh netizen Indonesia.

“Kata kunci yang berbau produk kesehatan dan kebutuhan sehari-hari menjadi yang paling banyak dicari di Shopee selama pandemi,” ungkap Aditya Maulana selaku PR Lead Shopee Indonesia saat konferensi pers virtual di channel YouTube resmi perusahaan pada Kamis (26/3).

Baca juga: Kominfo dan Operator Seluler Bikin Aplikasi untuk Lacak Positif COVID-19

Dia melanjutkan, “dengan kata lain, barang yang paling banyak dicari itu bukan cuma masker dan sebagainya, tapi kebutuhan seperti sabun, minyak goreng, beras, gula juga dicari banget sama netizen. Kita gak bisa ungkap jumlah transaksinya, tapi ini berdasarkan pencarian terbanyak.”

Hal tersebut rasanya wajar, mengingat masyarakat banyak yang berdiam diri di rumah, sehingga kebutuhan utama sehari-hari sampai harus mencari dan bahkan membeli melalui platform online seperti e-commerce demi menghindari keluar rumah.

Uniknya, meskipun kebutuhan utama dan produk kesehatan sedang diincar, hal ini tak membuat produk primadona Shopee, yakni fesyen jadi sepi pengunjung.

Baca juga: Shopee Genjot Produk Lokal Go International

Dari penjelasan Aditya, kategori fesyen masih tetap tinggi dari segi kata kunci.

“Masih tetap tinggi kok kalau kategori fesyen kalau melihat trafik pencarian dari kata kunci. Tapi memang kalau dibandingkan dengan peningkatan kategori Health dan Daily Needs, kedua kategori ini sedang tinggi-tingginya dicari netizen,” kata Aditya.

Diketahui Shopee mencatatkan jumlah transaksi pada kuartal keempat pada 2019 ada sekitar 188 juta transaksi, dengan kenaikan transaksi year-on-year sebesar 124,6 persen dibandingkan 2018.

Selama pandemi corona di Indonesia, Shopee menggunakan kampanye #BelanjaDariRumah untuk mendorong konsumen tetap aktif berbelanja tanpa keluar rumah agar tetap aman.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

1 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Miskin aman 27 March 2020 | 10:15:17

apalagi kalau sedang ada diskon auto borong

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article