icon-category Digilife

Selain Thailand, QRIS Juga Bakal Bisa Dipakai di Singapura Dkk

  • 31 Aug 2022 WIB
  • Bagikan :
    Foto: QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard)

    Uzone.id - Bank Indonesia telah resmi meluncurkan QRIS lintas negara sebagai salah satu cara untuk memudahkan warga Asia Tenggara dalam bertransaksi digital.

    Jika dulu kita perlu menukar uang lebih dulu untuk berbelanja di negeri orang, kini Bank Indonesia (BI) dan Bank of Thailand (BoT) melibatkan 76 penyedia jasa sistem pembayaran dari kedua negara untuk memudahkan transaksi secara digital lewat QR Code.

    Inisiatif ini merupakan langkah nyata untuk mendukung terciptanya ekosistem sistem pembayaran ASEAN yang terhubung dan interoperable dalam memperkuat pemulihan ekonomi.

    Baca juga: Canggihnya Robot UU Telkomsel yang Sapa Delegasi G20

    Untuk saat ini, ada sekitar 8 penyelenggara jasa pembayaran yang bisa digunakan untuk QRIS Cross Border ini, antara lain adalah BCA, BSI, Bank CIMB Niaga, Bank Sinarmas, Bank Mega, Bank Permata, BPD Bali dan juga e-wallet DANA.

    Selain hadir di Thailand, rencana inisiatif QR Cross Border Bank Indonesia ini juga akan berlanjut ke Malaysia, Singapura, dan Filipina dalam waktu dekat.

    Saat ini, QRIS untuk Malaysia telah diuji coba semenjak Januari, dan untuk Singapura sedang dalam tahap finalisasi untuk tanda tangan.

    Sebelumnya, Gubernur BI, Perry Warjiyo menyatakan bahwa 5 gubernur bank sentral dari 5 negara, yaitu Thailand, Indonesia, Malaysia, Singapura dan Filipina sudah berkumpul pada Mei lalu untuk berkomitmen dalam menyambungkan sistem pembayaran QR, fast payment, dan juga local currency.

    Baca juga: Didongkrak QRIS, Transaksi Digital di Indonesia Makin Tumbuh

    Negara-negara ini dipastikan bisa melakukan digitalisasi sistem pembayaran, cross border, QR dan pembayaran cepat menggunakan mata uang lokal dalam waktu dekat.

    Kehadiran QRIS antar negara sebagai alat transaksi ini juga merupakan bentuk dukungan untuk menggerakkan transaksi di ASEAN dalam membantu UMKM dan sektor pariwisata.

    Standardisasi pembayaran lintas negara melalui interkoneksi QR Code antar negara telah menjadi agenda prioritas dalam Presidensi G20 Indonesia tahun 2022 dan Pertemuan Gubernur Bank Sentral ASEAN pada April 2022.

    Dengan QRIS, warga Indonesia yang berpariwisata ke Thailand tak perlu menggunakan uang atau valuta asing, yang diperlukan hanya memindai atau scan barcode saja setelah itu transaksi selesai.

    Cek informasi menarik lainnya di Google News

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini