Digilife

Sembunyikan Jumlah Dislike, YouTube Dikritik Pendiri dan Kreator

  • 16 November 2021
  • Bagikan :
    Sembunyikan Jumlah Dislike, YouTube Dikritik Pendiri dan Kreator

    Foto: CardMapr/Unsplash

    Uzone.id - YouTube sudah resmi menghilangkan jumlah dislike dari platform nya. Hal ini dilakukan sebagai upaya mencegah gerakan ‘dislike mobs’ yang sering terjadi belakangan ini.

    “Untuk mengurangi serangan dislike bertarget dan pengaruhnya pada kreator (khususnya kreator kecil), pengguna tidak lagi dapat melihat ‘jumlah’ dislike secara publik di YouTube, mulai dari hari ini, (tombol dislike masih tetap ada”

    Meski tak dapat dilihat secara publik, jumlah dislike masih dapat dilihat oleh pengunggah video. Data tersebut bisa digunakan untuk meningkatkan kualitas video dari sang kreator.

    Sayangnya, meski memiliki maksud yang baik. Keputusan ini ternyata banyak ditentang oleh berbagai pihak, termasuk PewDiePie yang disebut sebagai ‘Raja YouTube’ dan salah satu pendiri YouTube itu sendiri, Jawed Karim.

    Baca juga: YouTube Resmi Sembunyikan Jumlah Dislike dari Viewers

    Dikutip dari Comic Book, PewDiePie mengungkapkan pendapatnya mengenai perubahan tersebut dalam video terbarunya berjudul “YouTube Removed The Dislike Button…” yang diunggah pada 12 November 2021 lalu.

    “Di YouTube, hal tersebut (jumlah dislike) adalah sebuah indikasi apakah video itu bagus atau tidak,” kata PewDiePie. 

    “Jika kalian mencari video tutorial dan (video itu) mempunyai 20 persen atau lebih jumlah dislike, saya takkan menonton video tersebut. Karena saya itu tutorial yang cukup buruk,” tambahnya.

    Ia juga secara langsung mematahkan klaim soal Dislike Mobs, ia menyebut bahwa gerakan ‘dislike attacks’ ini tidak sering terjadi. Dan jika ini terjadi, pengunggah bisa dengan mudah menyembunyikan jumlah like dan dislike.

    “Hal ini biasanya terjadi ketika seseorang kena ‘cancel’, kan?” kata PewDiePie.

    “Fungsi ini sebenarnya sudah ada. Jika kalian menjadi target sasaran dislike, hapus saja bilah dislike. Mereka memperbaiki masalah yang sebenarnya tak perlu diperbaiki,” komentarnya.

    Selain PewDiePie, kritikan juga dilayangkan oleh salah satu pendiri awal YouTube, Jawed Karim.

    Jika PewDiePie membuat video khusus, lain halnya dengan Jawed Karim. Ia menyampaikan protesnya dalam kolom keterangan pada video pertama yang diupload ke platform video tersebut.

    Dalam kolom keterangan video ‘Me at the zoo’, Jawed mengatakan, “Ketika semua YouTuber setuju bahwa menghilangkan dislike adalah ide yang buruk, maka itu benar adanya. Coba lagi ya, YouTube,” tulisnya.

    Resmi hapus jumlah dislike 

    YouTube resmi mengumumkan bahwa jumlah dislike akan disembunyikan dari penonton di semua video mulai hari Rabu, 10/11/2021 lalu. Sebelumnya, pada bulan Maret lalu, platform ini bereksperimen untuk menghilangkan jumlah dislike ke publik.

    Perubahan ini hanya berlaku pada penonton video saja, bagi kreator dan pengunggah jumlah dislike masih bisa dilihat sebagai data dan bahan perbaikan untuk video-video selanjutnya.

     

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini