home ×
Digilife

Sempat Dihack, Akun Twitter Kementerian Keuangan RI Pulih

23 February 2021 By
Sempat Dihack, Akun Twitter Kementerian Keuangan RI Pulih
Share
Share
Share
Share

 

Uzone.id - Senin sore, 22 Februari 2021, warganet mendapati akun twitter resmi milik Menteri Keuangan RI @KemenkeuRI berada dalam mode dikunci dan tidak memakai header serta foto profil. Netizen pun curiga. Namun kini akun tersebut telah pulih kembali.

Pihak Kementerian Keuangan RI mengakui jika akun Twitter resmi dengan alamat @KemenkeuRI sempat tidak diakses karena adanya aksi peretasan. Setelah beberapa jam dihack, akun tersebut kini telah diambil alih kembali oleh pihak Kemenkeu.

Baca juga: Facebook dan Twitter Berencana Bikin Tiruan Clubhouse

Awalnya, senin kemarin, warganet menyadari jika akun tersebut kosong dan tidak bisa diakses alias dalam mode Kunci. Para pengguna yang tidak memfollow akun Kemenkeu takkan bisa melihat postingan mereka karena setting yang diubah ke mode privasi.

Beberapa Netizen menganggap jika akun resmi Kemenkeu ini dihack oleh oknum-oknum yang berusaha menggunakan akun tersebut untuk kepentingan pribadi mereka, termasuk penipuan. Informasi ini pertama kali dibagikan oleh seorang pengirim di akun base umum @tubirfess 

Netizen pun menghimbau para pengguna untuk berhati-hati jika mendapatkan pesan DM dari akun tersebut. Seperti cuitan akun @aaretareta, “HATI HATI YA!! biasanya akun kaya gini buat scam orang. Alias akunnya udah ke hack biasanya. Kalo di dm buat isi data diri jangan mau isi ya!!”

Baca juga: Elon Musk Gelar Sayembara Rp 1,4 Triliun

Memang akibat tindakan peretasan tersebut, sejumlah pengguna Twitter mengaku menerima pesan langsung atau direct message (DM) dari akun resmi Kemenkeu. Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Informasi (KLI) Kemenkeu Rahayu Puspasari pun meminta agar masyarakat yang menerima DM tersebut untuk tidak mengklik link yang dikirimkan.

"Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, Temankeu dihimbau untuk tidak meng-klik tautan yang dikirimkan oleh akun @KemenkeuRI yang dikirimkan melalui Direct Message," ujar Rahayu dalam keterangannya.

Saat ini akun tersebut kini telah pulih kembali.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article