icon-category Digilife

Sempat Struggle di Awal Tahun, Subscriber Netflix Kembali Naik

  • 19 Oct 2022 WIB
  • Bagikan :
    Ilustrasi foto: Thibault Penin/Unsplash

    Uzone.id - Tahun 2022 menjadi tahun kelam bagi Netflix. Di bulan April lalu, Netflix sempat terpuruk karena kehilangan 200 ribu subscriber mereka. 

    Bahkan platform berwarna merah ini juga pesimis akan kehilangan kurang lebih 2 juta pelanggan lagi di kuartal kedua. Tak cukup sampai disana, Netflix juga harus memangkas jumlah karyawannya secara massal akibat krisis perusahaan.

    Setelah struggle di awal tahun, catatan kuartal ketiga pengguna Netflix memberikan angin segar bagi perusahaan. 

    Dilansir dari CNN Business, Rabu (19/10), Netflix baru saja melaporkan kalau mereka mencatat tambahan 2,4 juta pengguna di kuartal ketiga. Lebih dari prediksi awal yang hanya 1 juta pengguna saja.

    Baca juga: 'Perang' Paket Iklan, Murahan Netflix atau Disney+?

    Kabar baik lainnya, Netflix kemungkinan akan kembali menambah subscriber di kuartal 4 sebanyak 4,5 juta yang juga lebih dari harapan para investor.

    “Setelah paruh pertama yang cukup menantang, kami yakin berada di jalur untuk mempercepat pertumbuhan," kata Netflix dalam suratnya kepada pemegang saham.

    Melihat pertumbuhan ini, Netflix sepertinya kembali ke jalur yang benar setelah 2 kuartal sebelumnya terseok-seok. Apalagi saham perusahaan juga ikut turun ketika pelanggan si ‘merah’ hijrah ke platform lain.

    Dengan tambahan pengguna di kuartal kali ini, Netflix memiliki 223 juta pelanggan di seluruh dunia.

    Selain subscriber yang kembali naik, saham Netflix juga kembali meroket sekitar 13 persen setelah laporan ini dipublikasikan hari Selasa (18/10) kemarin.

    Di sisi pendapatan, Netflix meraup pendapatan sekitar USD1,3 miliar atau Rp20 triliun. Untuk revenue-nya sendiri naik sekitar 6 persen dari tahun ke tahun menjadi USD7,9 miliar atau Rp122 triliun.

    Iklan dan konten jadi penyelamat Netflix

    Netflix sudah pasti menghadirkan paket murah dengan iklan ke penggunanya. Sempat ditentang banyak pihak, namun tak dipungkiri kalau paket murah ini akan menghadirkan pengguna baru yang ingin menikmati Netflix dengan harga terjangkau.

    Paket ‘Basic with Ads’ ini akan mulai dirilis pada November tahun ini dengan harga USD6,99 atau sekitar Rp108 ribuan. 

    Baca juga: Langganan Netflix ‘Murah’ Pakai Iklan Dirilis November, Indonesia Kebagian?

    Selain paket murah dengan iklan, konten Netflix juga menjadi alasan pengguna Netflix kembali naik. Sebut saja Stranger Things Season 4 yang meraup banyak viewers, ditambah series-series baru seperti Monster: The Jeffrey Dahmer Story yang jadi hit di berbagai negara.

    “Meskipun masih banyak kekurangan, kami berhasil membuat list (konten) yang sangat luas dengan menghadirkan banyak serial dan film hits, untuk berbagai suasana hati dan selera pengguna,” kata Netflix.

    Cek informasi menarik lainnya di Google News

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini