icon-category Startup

Sepanjang 2022, Warganet Suka Belanja Apa Saja di Tokopedia?

  • 10 Jan 2023 WIB
Bagikan :
Foto: Tokopedia

Uzone.id – 2022 sudah berlalu, saatnya semuanya move on ke 2023. Tetapi, berhubung masih awal tahun, tak ada salahnya untuk sedikit flashback ke tahun lalu.

Tren-tren selama 2022 menjadi topik yang menarik untuk dibahas, kali ini salah satu e-commerce populer, Tokopedia membagikan tren dan barang apa saja yang banyak diincar tahun lalu. 

Selama 2022, Tokopedia juga menghadirkan fitur baru seperti Dark Mode dan Shared Shopping bagi pengguna iOS untuk memudahkan pengguna berbelanja bersama pengguna lain.

Ada juga kolaborasi layanan kartu kredit Tokopedia Card pada Juni 2022, PLUS by GoTo di bulan Agustus lalu dengan berbagai keuntungan seperti gratis ongkir dan diskon serta akses prioritas.

Lalu, produk apa saja yang banyak diincar di Tokopedia selama 2022 kemarin?

Baca juga: Periskop 2023: Market Game Mobile Makin Besar, PS5 Pro Bakal Rilis

Ekhel Chandra Wijaya, Head of External Communication Tokopedia mengungkapkan, “Rumah Tangga, Makanan dan Minuman, Kesehatan, Elektronik dan Fesyen menjadi kategori terpopuler.”

Selanjutnya, Tokopedia mencatat pengiriman terjauh berasal dari Lhokseumawe ke Jayapura untuk produk Kopi Gayo.

Selanjutnya, dalam inisiatif pendukung UMKM Hyperlocal ‘Dilayani Tokopedia’ dan ‘Tokopedia Now!’, peningkatan transaksi tercatat meningkat sebesar 2,5 kali lipat lewat layanan Dilayani Tokopedia.

Ekhel juga menambahkan kalau pengguna yang menggunakan Tokopedia Now! meningkat lebih dari 10 kali lipat selama 2022 kemarin.

“Kami juga melihat penjual yang memanfaatkan layanan pemenuhan pesanan Dilayani Tokopedia mengalami rata-rata peningkatan penjualan lebih dari 5 kali lipat,” tambah Ekhel.

Dari inisiatif Dilayani Tokopedia, produk yang banyak diincar adalah popok anak, sembako dan detergen dan dari kampanye Tokopedia Now!, beras, telur ayam, mie instan dan roti menjadi produk yang paling laris.

Baca juga: Diterpa Tech Winter, 10 Startup Ini Kantongi Pendanaan Terbanyak di 2022

Tak hanya itu, peningkatan juga terlihat dari transaksi pembayaran pajak, dimana PBB dan E-Samsat jadi yang paling sering dibayar warga Tokopedia.

Voucher makanan pun meningkat hingga 6,5 persen. Berhubung PPKM sudah longgar dan aktivitas offline sudah mulai kembali normal, konser hingga event offline ramai terjadi selama 2022, hal ini terlihat dari transaksi tiket event yang meningkat sebesar lebih dari 15 kali lipat.

Belanja di Live shopping di Tokopedia Play juga diklaim meningkat hingga 2,5 kali lipat selama 2022 kemarin, begitupun pengguna Tokopedia Affiliate yang meningkat lebih dari 11 kali lipat.

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini