icon-category Digilife

Sepi Pengguna, Metaverse Punya Zuckerberg Gak Laku?

  • 17 Oct 2022 WIB
Bagikan :
Ilustrasi foto: Dima Solomin/Unsplash

Uzone.id - Proyek metaverse kesayangan Mark Zuckerberg, Horizon World, ternyata mengalami penurunan yang sangat signifikan. Bahkan, beberapa mengatakan kalau proyek besar ini gagal saking jauhnya dari target mereka.

Mengutip dari CNBC, Senin (17/10), Meta yang awalnya menargetkan setengah juta pengguna aktif bulanan di Horizon Worlds, harus menelan fakta kalau penggunanya saat ini hanya sekitar 200 ribuan.

Bahkan, sebagian penggunanya tak kembali ke Horizon setelah bulan pertama di platform. Tak sampai disitu, jumlah pengguna terus menurun sejak musim semi.

Fakta yang lebih menyedihkan, menurut The Wall Street Journal, hanya sekitar 50 orang yang mengunjungi 9 persen bagian dari metaverse ini. Sebagian part bahkan tak pernah dikunjungi sama sekali.

Baca juga: 30 Tahun Hadir, Microsoft Office Akan Dipensiunkan

Mark Zuckerberg sendiri secara khusus berambisi untuk membangun metaverse sendiri, bahkan ia rela menghabiskan ribuan triliun demi proyek ini. Horizon World sendiri merupakan jaringan ruang virtual dimana pengguna dapat terlibat satu sama lain sebagai avatar.

Walaupun sepi penggemar, Zuckerberg kembali meluncurkan headset realiti virtual terbaru mereka yang bernama Meta Quest Pro, pada konferensi Meta Connect. Perangkat ini dibanderol dengan harga USD1500 atau sekitar Rp23 jutaan.

Meta dan Zuckerberg sepertinya masih tidak menyerah dengan proyek metaverse ini, seorang juru bicara Meta mengatakan kalau perusahaan terus melakukan perbaikan pada metaverse mereka.

Salah satunya, mereka akan merilis Horizon World versi web untuk perangkat seluler dan komputer pada tahun ini untuk menjangkau pengguna dengan lebih mudah.

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini