icon-category Auto

Setelah 40 Tahun Berkiprah, Sayonara Nissan March!

  • 12 Sep 2022 WIB
  • Bagikan :

    Uzone.id - Sayonara Nissan March! Setelah berkiprah selama 40 tahunn belakangan ini, Nissan akhirnya mempensiunka citycar-nya March.

    Di Indonesia sendiri, Nissan March sudah tidak dijual, dan sebentar lagi, seperti yang Uzone.id kutip dari Kydonews, Nissan March akan dipensiunkan juga di Jepang.

    Rencana tersebut juga berimbas pada pabrik Nissan yang memproduksi March di Thailand bakal setop produksi untuk pasar Jepang.

    BACA JUGA: Kia EV6 Bakal Masuk Indonesia, Lebih Mutakhir dari Hyundai Ioniq 5

    Berdasarkan laporan Asosiasi Dealer Mobil Jepang, penjualan Nissan March di Jepang hanya berkisar 8.891 unit sepanjang tahun lalu.

    Jumlah tersebut, kalau di bandingkan dengan penjualan Nissan Note, hanya 10 persen saja, karena Note terjual sebanyak 90.000 unit.

    Di pasar Jepang, penjualan Nissan march tidak selaris dari mobil Toyota Yaris dan Aqua, serta Honda Fit.

    Nissan saat ini dikabarkan sedang menyiapkan pengganti March. Pabrikan Jepang ini akan merancang penerus March bersama dengan aliansinya Renault.

    Mungkin sepak terjang Nissan March sudah harus selesai, meski mobil ini punya track record yang cukup baik sepanjang 40 tahun kiprahnya yang terjual sebanyak 2,6 juta unit.

    Nissan March merupakan salah satu mobil populer di Jepang. March lahir pada bulan Oktober 1982, mobil ini dikenal mobil murah dengan efisiensi bahan bakar. 

    Nissan mulai mengalihkan basis produksi March dari Jepang ke Thailand pada generasi ke empat tahun 2010, dengan pertimbangan biaya produksi yang lebih murah.

    Di Indonesia, March juga didatangkan dari Thailand dan bersaing dengan LCGC yang diproduksi secara lokal. 

    Jika melihat data penjualan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) penjualan March terus menurun dari waktu ke waktu.

    Pada tahun 2017, 2.416 unit March terjual sedangkan pada 2018 hanya 1.159 unit. Lalu pada tahun 2019 Nissan cuma mengirim 202 unit March. Terakhir Nissan March disuplai pada Oktober 2019, itu pun hanya 4 unit.

    Sayonara Nissan March!

    VIDEO Test Drive Hyundai Stargazer

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini