icon-category Digilife

Setelah SEA Games, Apa Target Timnas eSports Selanjutnya?

  • 02 Jun 2022 WIB
  • Bagikan :
    Foto: Timnas Mobile Legends: Bang Bang Indonesia (SEA Games 2021 Vietnam)

    Uzone.id - Setelah berhasil panen medali di event olahraga terbesar se-Asia Tenggara, Sea Games 2021 di Vietnam, timnas eSports Indonesia kini akan menghadapi turnamen besar selanjutnya, baik itu lokal maupun internasional.

    Tak ingin terlena dengan kesuksesan di Sea Games 2021, Ketua Umum PBESI, Budi Gunawan menghimbau atlet-atlet eSports Indonesia untuk tetap berlatih dan bersiap untuk mengikuti berbagai event eSports selanjutnya.

    “Kepada para atlet sekalian, kami semua berharap bahwa kalian terus berlatih, berlatih dan berlatih,” ungkapnya dalam acara Pemberian Penghargaan Atlet eSports SEA Games 2021, Kamis, (02/06/2022).

    Ada 3 event besar yang akan menjadi target baru tim eSports Indonesia tahun ini, yaitu Liga Nasional, Piala Presiden dan juga World ESports Championship. Kejuaraan dunia ini menjadi target yang harus diraih oleh tim.

    Baca juga: Deretan Bonus untuk Atlet eSports Indonesia Usai Boyong Medali SEA Games

    Menjelang ketiga acara besar ini, Ketum PBESI meminta agar jajaran pelatih maupun atlet untuk betul-betul bersiap agar target mereka tercapai.

    “Kita harus mempersiapkan dengan betul, kita harus bisa menjadi juara umum,” ujarnya.

    Ketum PBESI juga menyampaikan 2 target yang harus dicapai tim eSports Indonesia, yang pertama adalah sukses prestasi (juara umum) dan juga sukses penyelenggaraan (event).

    Para atlet juga diminta untuk banyak mengikuti pertandingan termasuk 3 pertandingan ini agar bisa menambah jam terbang, pengalaman dan juga mempelajari kelemahan di pertandingan yang sebelumnya sehingga bisa mencapai target selanjutnya.

    Budi Gunawan mengakui bahwa masih ada tantangan yang harus dihadapi oleh eSports Indonesia, mengingat cabang olahraga ini masih menjadi cabang baru. 

    Baca juga: INFOGRAFIS: Timnas eSports Indonesia Panen Medali di SEA Games 2021

    Salah satu tugas utamanya adalah menyatukan semua asosiasi agar bisa kompak, sinergi dan solid dalam mengembangkan cabang olahraga ini.

    Dalam acara yang sama, PBESI memberikan apresiasi kepada peraih medali cabang olahraga eSports di SEA Games 2021 berupa uang sebesar Rp2.252.700.000 untuk peraih emas, Rp1.234.200.000 untuk peraih perak dan Rp335.000.000 untuk peraih perunggu.

    Perkembangan eSports di Indonesia terus berkembang pesat, selain makin banyaknya pertandingan yang hadir, beberapa pemain Indonesia juga tercatat pernah menjadi juara dunia dalam pertandingan eSports bergengsi, salah satunya Made Bagus Prabaswara dan Mohammad Albi dari tim PUBG yang namanya cukup disegani di dunia PUBG Mobile International.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini