home ×
Telco

Silaturahmi Digital Cuma Modal Rp19.900, Ketimbang Mudik Bawa Covid-19

15 May 2020 By
Silaturahmi Digital Cuma Modal Rp19.900, Ketimbang Mudik Bawa Covid-19
Share
Share
Share
Share

Uzone.id - Pemabatasan sosial bersekala besar (PSBB) membut pemerintah melarang masyarakat untuk mudik. Apakah dengan begitu tradisi silaturahmi turun-temurun ini bakal sirna?

Ternyata enggak, karena dengan memanfaatkan teknologi, kita bisa tetap 'bertemu' pada sanak saudara di kampung halaman, salah satunya memanfaatkan videocall.

Kalau mendengar suara aja melalui telepon dirasa kurang greget, videocall jelas bakal menambah khusyuk silaturahmi dengan sanak saudara karena bisa bertatap muka secara langsung.

Baca juga: Ngabuburit Nonton Drakor Pakai 4G LTE Murah

Hanya saja, untuk itu kan membutuhkan jaringan internet yang memadai agar proses videocall lancar jaya macam jalan tol selagi PSBB ini. Eh, jalan tol beneran sepi kan ya?

Balik lagi, jaringan internet yang stabil dan ngebut, kelemahannya memang pada harga paket data yang biasanya gak murah. Jadi, untuk bisa videocall kalian harus berpikir ulang.

Nah kali ini kami mencoba melakukan pengetesan menggunakan jaringan Indosat. Selain secara jaringan seharusnya sudah stabil, harga paket internetnya pun tergolong murah. Apakah benar? Mari kita tes..

Memanfaatkan SIM Card 4G LTE Indosat, kami sengaja memilih paket data termurah yang dijajakan Indosat dan terpilihlah paket Freedom Internet yang cuma butuh Rp15 ribuan untuk kuota data 2GB untuk 15 hari.

Sebenernya ada juga pilihan lain yang harganya terjangkau, yakni Freedom Internet Harian 1GB, yang dibanderol Rp19.900 dengan kuota sebanyak 7Gb selama 7 hari, dengan jatah 1GB perhari.

Nah, sebelum memulai videocall, sengaja kami melakukan pengetesan kecepatan internet Indosat di rumah, yakni kawasan Depok. Mengandalkan aplikasi Ookla Speed Test, hasil yang didapat adalah 22.3 Mbps untuk download dan 12.5 Mbps untuk upload dan Ping 15ms.

Kemudian, videocall menggunakan aplikasi Zoom. Proses koneksi videocall dengan lawan biacara mulus tanpa cela. Baik gambar dan suara terlihat dan terdengar jelas.

Pembicaraan pun berjalan lancar dengan latency yang sangat rendah, hanya sesekali terjadi gambar patah-patah, namun sama sekali tidak signifikan mengganggu jalannya percakapan video call.

Dicoba selama kurang lebih 10 menitan videocall, tercatat penggunaan kuota datanya gak sampai 100 Mb atau tepatnya 92,94 Mb, yang menurut kami kehematan versus biaya yang dikeluarkan sangat kompetitif.

Bayangkan aja, separah-parahnya kalian beneran cuma pengin video call silaturahmi dengan sanak keluarga di kampung halaman, hanya bermodal kurang dari RP20 ribu, itu pun sudah termasuk beli kartu perdana dan paket internetnya.

Nah, silaturahmi digital di lebaran tahun ini pun tetap lancar deh, sama sekali gak terganggu pandemi corona..

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

1 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Miskin aman 18 May 2020 | 15:29:59

bener banget tuh lebih baik cari yang aman dulu

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article