icon-category Auto

Simak Persiapan Berkendara Sepeda Motor di Musim Hujan

  • 30 Nov 2023 WIB
Bagikan :

Uzone.id - Menjelang akhir tahun 2023, musim hujan sudah melanda di berbagai daerah di Indonesia. Hal ini tentunya perlu diantisipasi, terutama bagi pengendara sepeda motor.

Bagi yang masih mengandalkan sepeda motor untuk kegiatan sehari-hari, tentunya harus menjalankan teknik keselamatan berkendara dan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Oleh karenanya, Yamaha DDS 3 yang mewakili Jawa Tengah & Yogyakarta berbagi tips berkendara motor saat hujan yang dapat diterapkan pengendara.

Pertama dari segi pengendara, pastikan sudah menyiapkan jas hujan yang sesuai dengan ukuran badan. Jas hujan yang digunakan juga pastikan menggunakan model setelan baju dan celana agar aman saat digunakan.

Pada bagian helm juga harus disarankan menggunakan visor bening agar tidak mengganggu pengendara saat menunggangi sepeda motor saat hujan. Visor helm yang gelap dan memungkinkan munculnya embun dapat mengganggu fokus saat berkendara.

alt-img

Gunakan juga sepatu dengan alas berbahan karet, tidak disarankan untuk menggunakan sandal yang tidak memiliki perlindungan kaki secara keseluruhan.

Terakhir disarankan menggunakan perlengkapan berkendara berwarna terang agar mudah terlihat oleh pengendara lain. Dengan demikian dapat mendukung keselamatan berkendara di musim hujan.

Kedua adalah dari segi kendaraan, pastikan kondisi ban dalam keadaan baik dan tekanan angin sesuai anjuran agar tidak mudah selip. Perhatikan juga area penting pada sepeda motor tidak terbuka seperti saringan udara dan CVT, sehingga motor tidak mogok ataupun rusak.

Cek juga semua lampu pada motor dalam keadaan baik, mulai lampu depan, sein, rem, hingga senja. Dengan demikian motor dapat dengan mudah terlihat oleh pengendara lain saat hujan lebat yang menurunkan visibilitas pengendara.

Ketiga adalah faktor lingkungan, pengendara perlu mengenali kondisi jalan agar terhindar dari potensi bahaya saat melintas. Hindari jalan rusak, berlubang, hingga banjir agar perjalanan tetap aman.

Jika hujan lebat secara mendadak hingga mengganggu jarak pandang, disarankan menepi di jalur yang aman dan tetap mematuhi rambu lalu lintas.

Usahakan menghindari genangan air yang cukup tinggi, jangan paksakan untuk menerobos terutama saat terjadi banjir. Hal ini dapat mengganggu kinerja mesin motor, hingga dapat membuat kerusakan yang cukup fatal.

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini