home ×
Digilife

Similarweb Jadi Standard Pengukuran Online Industri Digital RI

01 April 2021 By
Similarweb Jadi Standard Pengukuran Online Industri Digital RI
Share
Share
Share
Share

 

Uzone.id - Di era digital, pengukuran online audience sangat dibutuhkan pelaku industri periklanan. termasuk di Indonesia, untuk bisa memahami perilaku konsumen. Apalagi Indonesia, yang memiliki populasi digital terbesar di Asia Tenggara, akan berkontribusi sebanyak 52 persen dari ekonomi digital Asia Tenggara.

Sebagai upaya untuk mendukung industri digital, Asosiasi Digital Indonesia atau Indonesian Digital Association (IDA) menetapkan standardisasi pengukuran perilaku digital di Indonesia agar seluruh pemangku kepentingan di industri periklanan digital Indonesia memiliki satuan ukuran yang sama dengan metodologi yang dapat dipertanggungjawabkan.

Oleh karena itu, IDA secara resmi telah memilih perusahaan pengukuran audiens digital Similarweb menjadi pemenang pada kegiatan pemilihan standar pengukuran online untuk industri digital Indonesia. Similarweb akan dijadikan sebagai acuan proses pengukuran online audience di Indonesia. Penetapan pemenang ini juga telah disesuaikan dengan situasi industri digital Indonesia.

Baca juga: KPI Ingin Desak TikTok dan Podcast Masuk UU Penyiaran

“Misi utama IDA adalah menjaga pertumbuhan industri periklanan digital untuk bisa dinikmati oleh perusahaan-perusahaan Indonesia. Salah satu upaya dalam menjalankan misi itu adalah memastikan pengukuran performa produk dalam ekosistem digital memiliki akurasi data dan kemampuan teknologi mumpuni sehingga pelaku usaha Indonesia bisa berkompetisi di kancah global. Selain itu penting juga agar platform pengukuran perfoma produk digital ini bisa diterima oleh seluruh stakeholder periklanan digital Indonesia. Untuk itu dalam proses pemilihan rekanan platform pengukuran ini IDA juga melibatkan P3I, APPINA dan AAPAM sebagai stakeholder utama dari ekosistem periklanan digital di Indonesia.” Kata ketua IDA, Dian Gemiano, dalam keterangan resminya, Kamis, 1 April 2021.

Harapan yang sama juga diutarakan oleh ketua Asosiasi Perusahaan Pengiklan Indonesia (APPINA) Eka Sugiarto. Menurutnya, sebagai asosiasi yang menaungi para perusahaan pengiklan, APPINA menyambut gembira terpilihnya SimilarWeb sebagai mitra untuk standar pengukuran digital di Indonesia.

"Kami mendukung partisipasi aktif SimilarWeb sebagai mitra teknologi, yang berperan serta dalam menjembatani informasi tren industri digital, tolok ukur digital, pengukuran efektivitas yang menggabungkan berbagai jenis media, dan yang penting juga, memberikan edukasi bagi kalangan usaha termasuk pengiklan digital terkait melalui forum-forum dan publikasi berkala seperti laporan dan riset sindikasi. SimilarWeb juga akan memiliki posisi yang istimewa dalam mengamati sekaligus menyuarakan himbauan untuk kegiatan pemasaran yang lebih bertanggung jawab (responsible marketing)," kata Eka.

Baca juga: 5 Fakta Menarik Orang Indonesia Terhadap Iklan Online

Penetapan standar pengukuran online (Online Measurement Standar) telah berhasil IDA lakukan melalui rangkaian kegiatan “Pemilihan Teknologi Standar Pengukuran Online untuk Pasar Indonesia” yang dilaksanakan sejak tanggal 18 Januari 2021 sampai dengan 18 Maret 2021.

Kegiatan ini merupakan sebuah ajang proses pemilihan metode dan teknologi yang digunakan untuk memahami perilaku konsumen melalui pengukuran online audience. Pada kegiatan ini, terdapat dua lembaga pengukuran yang berpartisipasi yaitu Similarweb dan Comscore. Keduanya merupakan lembaga pengukuran digital yang hadir di Indonesia. Lembaga-lembaga tersebut telah mengikuti beberapa tahap seleksi seperti mengirimkan materi presentasi kepada IDA, melakukan presentasi, hingga tahap pitching oleh IDA.

Similarweb adalah sebuah perusahaan pengukuran audiens digital yang telah didirikan sejak tahun 2007 dengan misi menyediakan pengetahuan (insight) untuk pelaku industri digital melalui multi-device global untuk memahami, melacak, dan menumbuhkan pasar digital. Memiliki kantor pusat di New York City, Similarweb hadir sebagai sebuah situs web yang menyediakan layanan analisis web untuk bisnis.

Di Indonesia sendiri, Similarweb sudah dipercaya sebagai platform pengukuran online untuk menganalisa traffic sebuah website. Traffic ini merupakan jumlah data yang dikirimkan dan diterima oleh pengunjung pada sebuah website. Perusahaan akan mengetahui jumlah pengunjung yang mengunjungi website suatu perusahaan. Similarweb juga konsisten merilis peringkat situs web di Indonesia setiap bulannya.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article