icon-category Digilife

Sindiran Sadis Bill Gates, Sebut Investor Kripto dan NFT Bodoh

  • 17 Jun 2022 WIB
  • Bagikan :
    Ilustrasi foto: Uang dan Kripto (Kanchanara/Unsplash)

    Uzone.id - Tren investasi kripto dan NFT di kalangan tokoh dunia ternyata gak bikin Bill Gates tergoda, ia justru menyindir para investor dua aset digital ini dengan sebutan 'The Greater Fool'.

    Salah satu miliarder di bidang teknologi ini menyebut kalau NFT dan kripto sebagai “100 persen berdasarkan teori The Greater Fool.” Apa sih arti teori kebodohan yang dimaksud Bill Gates ini?

    Menurut penjelasan Bill Gates, teori ini menunjukkan sebuah konsep keuangan di mana sebuah aset (digital) yang overprice atau kelewat mahal akan tetap menghasilkan uang selama mereka menemukan orang yang lebih bodoh untuk membelinya.

    Dalam sebuah acara yang diselenggarakan oleh TechCrunch, Gates mengatakan kalau ia lebih suka berinvestasi dalam aset dengan hasil yang nyata. Misalnya pertanian dan juga pabrik, atau ke perusahaan tempat mereka membuat produk.

    Ia pun menegaskan kalau dirinya tak punya ‘posisi’ di aset digital NFT dan mata uang kripto.

    Baca juga: Kripto lain Bakal Senasib Terra LUNA?

    “Saya tak terlibat dalam hal itu. Saya tak (memiliki posisi) jangka pendek maupun panjang dalam hal-hal tersebut,” katanya, dikutip dari The Verge, Jumat, (16/06/2022).

    Gates memang selalu skeptis kalau soal aset-aset digital ‘tak nyata’ seperti NFT dan juga kripto. Ia juga mengatakan kalau kedua aset ini dirancang untuk menghindari perpajakan atau segala jenis peraturan pemerintah.

    “Oh jelas, gambar digital monyet yang mahal akan sangat meningkatkan dunia,” sarkasnya mengacu pada NFT unggulan, Bored Ape Yacht Club.

    Ia pun sempat memberikan ‘warning’ dan khawatir akan bahaya investor reguler yang membeli Bitcoin, apalagi nilai uang kripto sangat fluktuatif dan bisa merosot hanya karena omongan seorang investor terkemuka, contohnya Elon Musk.

    “Saya pikir orang-orang yang terjerumus ke maniak ini mungkin tak punya banyak uang untuk dibelanjakan,” ungkapnya tahun 2021 silam.

    “Menurut saya, jika kalian punya uang lebih sedikit dari uang Elon Musk, kalian harus hati-hati,” tambahnya.

    Dan di tahun 2022, peringatan Gates soal nasib kripto yang bisa anjlok kapan saja cukup tepat adanya. Bahkan saat ini, nilai Bitcoin dkk mengalami ketidakstabilan dan pelan-pelan menurut, begitupun NFT yang juga turun tajam.

    Baca juga: Dulu Rp40 M, NFT Twit Jadul Jack Dorsey Turun Jadi Rp400 Ribuan

    Contohnya, harga NFT tweet pertama Jack Dorsey yang cuman laku sekitar Rp400 ribuan, proyek Bored Ape Yacht Club juga punya nilai yang menurun hampir setengahnya.

    Di saat yang sama, volume perdagangan makin meningkat karena para pembeli berusaha membeli aset digital mereka dengan harga terendah.

    Mungkin Gates benar kalau investor-investor ini menjadi pelanggan teori NFT ‘The Greater Fool’, alias banyak sekali orang-orang yang lebih ‘bodoh’ diluaran sana yang masih mau membeli aset digital ini.

    Cek informasi menarik lainnya di Google News

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini