home ×
Auto

Sinyal Kuat Honda City Hacthback Masuk Indonesia, jadi Gantikan Jazz?

05 January 2021 By
Sinyal Kuat Honda City Hacthback Masuk Indonesia, jadi Gantikan Jazz?
Share
Share
Share
Share

Foto: Honda

Uzone.id - Sudah lama Honda dirumorkan bersiap untuk menyegarkan Honda Jazz. Bahkan, sejak generasi terbaru Jazz di Tokyo Motor Show 2019, rumor ini makin kuat.

Namun, Honda masih bergeming. Tapi rumor tetap gak meredup, malah muncul lagi opsi lain kalau Honda bakal menjadikan City hacthback sebagai pengganti Jazz di Indonesia.

Dan sinyal kuat kemunculan City hacthback makin kuat setelah muncul di daftar Badan Pendapatan Daerah Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Baca juga: Motor Listrik Lokal United T1800 Diluncurkan

Pada daftar Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) tertera jenis nama City HB 1.5L RS CVT dan MT dengan nilai jual Rp221 jutadan Rp 213juta.

Muncula pertanyaan, apakah nantinya City HB ini akan menggantikan Honda Jazz atau memang berdiri sendiri sebagai bagian dari keluarga Honda City yang selama ini hanya tersedia versi sedan.

Tapi kalau melihat spek yang tertulis di daftar tersebut, City ini fix berjenis hacthback dari kode HB, dan tersedia satu tipe yakni RS dengan dua pilihan transmisi yakni CVT otomatis dan manual.

Prediksi menarik soal mesinnya. Kode 1.5L jelas bukan mesin 1.000cc turbo seperti di Jepang. Gak masalah. Tapi konon Honda sudah menyiapkan mesin 1.500cc terbaru, beda dengan L15 yang biasa dipakai Honda-Honda mainstream lain, termasuk City dan Jazz.

Mesin ini sudah mengusung DOHC bukan SOHC seperti Jazz dan City sedan, dan dengan tuning serta penyesuaian khusus, tenaga yang dihasilkan memang masih sama, 120 PS dan torsinya 145 Nm. Namun, efisiensi BBM dicurigai bakal makin efisien.

Secara dimensi pun keduanya sebelas dua belas. City HB lebih panjang dan lebar, tapi gak lebih tinggi dari Jazz dan punya sumbu roda lebih pendek. Karakternya bisa lebih lincah tapi stabil ketimbang Jazz saat ini.

Lalu gimana Honda apakah bakal menggantikan Jazz atau tidak?

“Apakah City Hatchback akan diluncurkan, menggantikan Jazz atau tidak, atau justru akan berdampingan dengan Jazz, semua itu masih kami studi lebih lanjut sampai saat ini,” ujar Yusak Billy, Business Innovation and Sales & Marketing Director PT HPM, beberapa waktu lalu.

Nah, kalau menurut kalian, mending City HB atau Honda Jazz baru?

VIDEO Test Drive KIA Sonet:

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

1 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
FF DRAGON 11 January 2021 | 06:24:57

waw kalau kitu saya beli gorengan aja biar kenyang

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article