icon-category Gadget

Smartphone Android Terkencang Sedunia Ditenagai Chip MediaTek

Uzone.id - Era Snapdragon 8+ Gen 1 diakhiri oleh kencangnya hasil benchmark dari prosesor MediaTek Dimensity 9000+. Asus ROG Phone 6D dengan prosesor MediaTek Dimensity 9000+ resmi menjadi smartphone Android paling kencang sejagat dengan skor benchmark yang jauh lebih tinggi dari Snadpragon 8+ Gen 1.

AnTuTu Benchmark setiap bulannya merilis daftar smartphone Android terkencang. Posisi teratas silih berganti, namun didominasi oleh prosesor Snapdragon 8+ Gen 1 atau Snapdragon 8 Gen 1.

Tapi di periode September 2022, posisi tertinggi kini diisi oleh prosesor non-Qualcomm. MediaTek Dimensity 9000+ yang digunakan pada Asus ROG Phone 6D Ultimate mencatatkan skor 1.133.998 poin.

Ini pertama kalinya prosesor MediaTek berhasil lebih kencang ketimbang prosesor flagship dari Qualcomm. Skor yang diraihnya bahkan jauh lebih tinggi dari Asus ROG Phone 6 Pro bertenaga Snapdragon 8+ Gen 1 dengan 1.122.406 poin.

Baca juga: Mengenal Windows 11 dengan S Mode, Lebih Aman tapi UX Dikorbankan

Di daftar smartphone terkencang per September 2022, menjadi kebanggaan juga buat seri smartphone gaming terbaru dari Asus. Tiga besar dikuasai oleh Asus ROG Phone 6 Series, dimana urutan ketiga diisi oleh model standar yang mencatatkan skor 1.119.221 poin.

MediaTek Dimensity 9000+ merupakan chipset terbaru yang dibuat dengan arsitektur 4nm TSMC. Prosesor ini terdiri dari tiga kluster, 1x ultra-core Arm Cortex-X2 dengan kecepatan 3,2 GHz, 3x super-core Arm Cortex-A710 sampai 2,85 GHz, dan 4x efficiency-core Arm Cortex-A510.

Prosesor ini mendukung RAM sampai LPDDR5X yang lebih baik ketimbang LPDDR5. Diklaim, efisiensi power-nya lebih baik 20 persen dari generasi sebelumnya.

Adapun untuk RAM dan penyimpanan internal dari Asus ROG Phone 6D yang diuji di AnTuTu Benchmark berkapasitas 16 GB dan 512 GB. 

Baca juga: Asus ROG Phone 6D & 6D Ultimate Debut, Pertama dengan SoC MediaTek

Performa prosesor tersebut dibantu juga oleh teknologi HyperEngine 5.0. Teknologi ini dibuat khusus untuk para gamer agar meningkatkan koneksi internet, gameplay yang lebih mulus, kinerja yang stabil dan konsumsi daya baterai yang tetap efisien.

“Dimensity 9000+ adalah chip smartphone 5G tercepat kami, memaksimalkan permainan dan memberdayakan penggemar dengan kecepatan superior dan teknologi mutakhir, tanpa mengorbankan masa pakai baterai,” klaim MediaTek dalam situs resminya.

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini