icon-category Gadget

Asus ROG Phone 6D & 6D Ultimate Debut, Pertama dengan SoC MediaTek

Uzone.id - ROG Phone pertama dengan SoC (system on chip) MediaTek resmi diperkenalkan. Ada dua perangkat yang diluncurkan, Asus ROG Phone 6D dan 6D Ultimate yang sama-sama ditenagai oleh MediaTek Dimensity 9000+.

Perbedaan signifikan dari keduanya adalah besaran RAM dan memori penyimpanan, dimana ROG Phone 6D memiliki RAM 16 GB dengan memori penyimpanan 256 GB dan model Ultimate dengan RAM 16 GB dan penyimpanan internal 512 GB.

Asus ROG Phone 6D dan 6D Ultimate mengusung panel OLED berukuran 6,78 inci dengan resolusi tinggi. Layar ini memiliki cakupan warna 10-bit atau 1 miliar warna dan sudah mendukung HDR10+.

Layarnya juga memiliki kecepatan refresh 165Hz. Bisa dibilang, kecepatan ini tertinggi untuk smartphone Android sekarang yang masih rata-rata 120Hz dan 144Hz untuk segelintir ponsel saja.

Baca juga: Laptop 'Luar Angkasa' Asus Mendarat di Indonesia

Untuk kapasitas baterainya, smartphone ini ditunjang oleh baterai 6.000 mAh dengan dukungan fast charging 65W dan telah mendukung teknologi power delivery

Fitur-fitur di Asus ROG Phone 6D dan 6D Ultimate

Selain RAM dan memori penyimpanannya yang berbeda, kedua smartphone punya desain bagian belakang yang berbeda. Khusus untuk Asus ROG Phone 6D Ultimate, mempunyai layar tambahan berjenis OLED berukuran 2 inci bernama ROG Vision.

Layar ini menampilkan berbagai animasi maupun logo ROG yang disesuaikan oleh pengguna melalui aplikasi Armoury Crate. Sementara Asus ROG Phone 6D, hanya mengusung LED matrix untuk menampilkan berbagai macam logo ROG.

Asus ROG Phone 6D Ultimate juga dilengkapi dengan sistem pendingin khusus bernama AeroActive Portal. Sistem pendingin ini dapat secara efektif menurunkan suhu komponen bagian dalam berkat mekanisme engsel khusus di bagian belakang bodi.

Kalau sistem pendinginnya dinilai tak terlalu berpengaruh, pengguna dapat memakai aksesori AeroActive Cooler 6 yang bisa dipasangkan ke bagian tengah ponsel untuk mendinginkan internal ponsel.

Baca juga: Melirik Smartphone Android Terkencang yang Bakal Masuk Indonesia

Walau diplot sebagai smartphone gaming, Asus ROG Phone 6D dan 6D Ultimate dibekali dengan konfigurasi kamera yang cukup baik. Kamera utamanya menggunakan sensor 50MP yang dipadukan dengan kamera ultrawide 13MP dan kamera makro 5MP. Sedangkan kamera selfie-nya, 12MP.

Perihal harga, Asus ROG Phone 6D dijual dengan harga GBP799 atau setara dengan Rp13,6 jutaan. Sedangkan ROG Phone 6D Ultimate dijual GBP1.199 atau sekira Rp20,4 jutaan. Cuma satu warna yang tersedia, yakni Space Gray yang terlihat modern.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini