icon-category Gadget

Smartphone Gaming iQoo Datang ke Indonesia, Saingi ROG Phone 6?

Uzone.id - Smartphone pertama iQoo bakal melenggang resmi ke Indonesia. Tak tanggung-tanggung, ada dua model smartphone gaming yang bakal diperkenalkan oleh sub-brand dari Vivo tersebut.

“Untuk menjawab keinginan dan antusiasme konsumen terhadap gadget, teknologi dan gaming, kini iQoo hadir di sini!” jelas iQoo Indonesia dalam keterangan resmi yang diterima Uzone.id pada Selasa (18/10).

“iQoo hadir untuk mewujudkan antusiasme terhadap teknologi dengan mobilitas tinggi. iQoo menawarkan terobosan teknologi baru untuk memuaskan pasar Indonesia,” sambung perusahaan asal China ini.

iQoo memang tak secara gamblang menyebut seri apa saja yang akan dihadirkan di Indonesia. Sub-brand Vivo tersebut cuma menjanjikan bakal menghadirkan smartphone dengan performa tinggi dan teknologi mutakhir.

Baca juga: Review Benchmark Asus ROG Phone 6: Skornya 'Maxed out'!

Kendati begitu, di situs TKDN Kementerian Perindustrian Indonesia (Kemenperin), terpantau ada dua smartphone iQoo yang sudah mendapatkan sertifikasi, yakni ponsel dengan nomor model iQoo I2209 dan iQoo I2212.

iQoo I2209
iQoo I2212

Masih menjadi misteri apa sebenarnya ponsel yang akan diperkenalkan iQoo ke Indonesia. Sebab, kedua nomor model tersebut merujuk pada dua tipe smartphone, yakni iQoo 9 Series dan iQoo 11 Series yang belum diluncurkan sama sekali.

iQoo 9 Series sudah diresmikan pada awal tahun 2022. Ada empat model, yakni iQoo 9 standar, 9 Pro, 9 SE dan 9T. iQoo 9 Pro menjadi model tertinggi dengan prosesor Snapdragon 8 Gen 1.

Baca juga: Gak Ada Lagi Masalah Overheat di Snapdragon 8 Gen 2

Sedangkan dikutip dari Gizmochina, dua nomor model tersebut justru merupakan kode untuk iQoo 11 dan 11 Pro yang akan datang. Smartphone tersebut rumornya ditunjang oleh chipset Snapdragon 8 Gen 2 yang belum diperkenalkan Qualcomm.

Bakal saingi Asus ROG Phone 6?

iQoo dikenal sebagai salah satu brand asal China yang kerap merilis smartphone gaming dengan performa kelas atas. Contoh saja iQoo 9 Pro yang ditenagai prosesor Snapdragon 8 Gen 1 dan dilengkapi dengan beragam fitur untuk memaksimalkan pengalaman gaming pengguna.

Ponsel tersebut dibekali dengan layar LTPO2 AMOLED berukuran 6,78 inci dengan resolusi QHD+ atau 3K. Refresh rate-nya memang tak sekencang ROG Phone 6, hanya 120Hz saja.

Namun, ponsel ini sudah memiliki cakupan warna 10-bit, dukungan HDR10+, Dolby Vision dan intensitas cahaya maksimal sampai 1.500 nits.

Di segi chipset memang kalah dari ROG Phone 6 yang sudah menggunakan Snapdragon 8+ Gen 1. Tapi secara performa seharusnya tak kalah jauh, lantaran RAM dari ponsel ini maksimal 12 GB dengan memori penyimpanan UFS 3.1 berkapasitas sampai 512 GB.

Belum lagi baterainya sebesar 4.700 mAh dengan dukungan fast charging 120W dan wireless charging 50W yang tak diusung oleh ROG Phone 6. 

Meski dapur pacunya membuatnya layak disebut sebagai smartphone gaming, iQoo 9 Pro disematkan konfigurasi kamera yang tak kalah andal. 

Kamera utamanya 50 MP dengan fitur gimbal OIS (optical image stabilization). Kemudian ada kamera tele 16 MP dengan OIS juga dan kamera ultrawide 50 MP. Sementara di depan, tersemat kamera 16 MP pada lubang kamera di tengah atas layarnya.

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini