icon-category Gadget

Review Benchmark Asus ROG Phone 6: Skornya 'Maxed out'!

Uzone.id - Asus ROG Phone 6 yang meluncur pada September lalu menjadi smartphone Android terkencang yang resmi dijual di Indonesia. Klaim ini bukan tanpa dasar, sebab tim Uzone.id pun sudah membuktikan kemampuan Asus ROG Phone 6 lewat beberapa uji benchmark.

Asus ROG Phone 6 saat ini masuk ke dalam tiga besar sebagai smartphone Android terkencang di dunia versi AnTuTu Benchmark v9. Begitu juga dengan ROG Phone 6 Pro yang bertengger di posisi kedua, tepat di bawah Asus ROG Phone 6D Ultimate dengan MediaTek Dimensity 9000+.

Smartphone gaming terbaru dari Asus itu ditenagai prosesor Snapdragon 8+ Gen 1, sekaligus menjadi ponsel ketiga di Indonesia dengan chipset tersebut, setelah Samsung Galaxy Z Flip4 dan Z Fold4. 

Untuk diketahui, Snapdragon 8+ Gen 1 merupakan prosesor terbaru sekaligus menjadi salah satu yang terkencang untuk smartphone sekarang ini. Chipset itu dibuat dengan arsitektur 4nm TSMC dan terdiri dari tiga kluster CPU.

Prosesor ini memiliki prime core berkecepatan 3,2 GHz yang lebih kencang dari Snapdragon 8 Gen 1 yang punya clock-speed 3 GHz. Dua kluster lainnya juga lebih cepat dari seri sebelumnya.

Dengan spesifikasi yang lebih mantap, Qualcomm menjanjikan kinerja CPU dan GPU 10% makin kencang dan AI engine 15% lebih pintar. Berkat arsitektur 4nm TSMC, Snapdragon 8+ Gen 1 juga 15 persen lebih hemat daya.

Baca juga: Daftar Smartphone Bertenaga Prosesor Snapdragon 8+ Gen 1

Spesifikasi Asus ROG Phone 6

Asus ROG Phone 6 dilengkapi dengan layar AMOLED berukuran luas dengan frekuensi refresh rate yang amat tinggi mencapai 165Hz. Bentangan layarnya 6,78 inci dengan resolusi Full HD+, lengkap dengan lapisan kaca Gorilla Glass Victus yang tangguh.

Disandingkan dengan Snapdragon 8+ Gen 1, ROG Phone 6 memiliki RAM berjenis LPDDR5 dengan kapasitas 8 GB dan 12 GB. Adapun memori penyimpanannya berjenis UFS 3.1 sebesar 256 GB.

Biar aktivitas gaming pengguna bisa berlangsung lama, ponsel gaming ini ditopang oleh baterai 6.000 mAh berjenis dual-cell. Artinya, ada dua baterai 3.000 mAh yang disematkan di dalamnya.

Baterai ini bisa diisi melalui dua port USB-C di bawah dan samping. Kecepatannya mencapai 65W yang mampu mengisi daya dalam durasi singkat.

Tes benchmark Asus ROG Phone 6

Pengujian yang kami lakukan menggunakan tiga aplikasi benchmark, AnTuTu v9, PCMark dan 3DMark. Seluruh tes mengaktifkan fitur X-Mode yang otomatis aktif ketika ROG UI mendeteksi aplikasi benchmarking ataupun gaming.

Dengan X-Mode, performance ponsel langsung dinaikkan sampai ke tingkat maksimal. Alhasil, skor yang diraih smartphone gaming Asus inipun begitu tinggi.

AnTuTu Benchmark misalnya, Asus ROG Phone 6 meraih nilai 1,1 juta poin, tepatnya 1.118.813 poin. Nilai ini hampir menyamai skor Asus ROG Phone 6 dari pengujian internal yang dilakukan AnTuTu Benchmark, membuatnya bertengger di posisi ketiga sebagai smartphone Android terkencang di dunia.

Baca juga: Smartphone Android Terkencang Sedunia Ditenagai Chip MediaTek

Pengujian lainnya menggunakan PCMark. Aplikasi ini menyimulasikan beberapa pekerjaan, dari ringan sampai yang terberat. 

Nilai yang diraih smartphone ini mencapai 17.436 poin, skor yang sangat tinggi. Namun dari grafis terlihat, performa ROG Phone 6 naik turun dengan level tertinggi di hampir semua pengujian.

Video editing misalnya, kinerja awal diberikan sebesar 100 persen, kemudian naik dan turun di sepanjang pengujian. Tapi setidaknya hal ini memberikan gambaran kalau Asus ROG Phone 6 pun sangat proper untuk dijadikan smartphone bagi kreator konten.

Mengedit video dan melakukan rendering atau menyunting hasil foto, bukan masalah yang berarti bagi smartphone ini. Asus ROG Phone 6 pun punya spesifikasi kamera yang lebih baik dari sebelumnya, yakni kamera utama 50MP dengan sensor Sony IMX766, ultra wide 13MP serta kamera makro 5MP. Adapun untuk kamera selfie, cuma 12MP dengan sensor Sony IMX663.

Tes terakhir menggunakan 3DMark. Ada 4 pengujian yang kami lakukan, terbagi dari Wild Life dan Wild Life Extreme.

Masing-masing tes memperoleh nilai yang tinggi, dan ROG Phone 6 juga punya stabilitas performa grafis di atas 90 persen rata-rata. Malah buat Wild Life, skornya mencapai ‘Maxed Out’ alias maksimal dengan frekuensi FPS mencapai 80 FPS. 

Harga Asus ROG Phone 6 di Indonesia

Di Indonesia, Asus ROG Phone 6 hadir dalam dua model RAM berjenis LPDDR5 dan memori penyimpanan UFS 3.1, 8/256 GB dan 12/256 GB. Sedangkan versi Pro-nya mengusung RAM 18 GB dan penyimpanan internal 512 GB.

Baca juga: Harga Asus ROG Phone 6 Series di Indonesia, Speknya Dewa

Untuk harga, Asus ROG Phone 6 dibanderol Rp10,9 juta untuk varian 8GB/256GB dan Rp13,9 juta untuk model 12GB/256GB. Sedangkan harga Asus ROG Phone 6 Pro mencapai Rp18,9 juta.

Asus ROG Phone 6 Series tersedia dalam dua opsi warna, Phantom Black dan Storm White. Gamer bisa memesannya melalui sistem pre-order mulai 21-31 Oktober 2022.

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini