icon-category Gadget

Adu Kuat Prosesor Snapdragon 8+ Gen 1 vs Snapdragon 8 Gen 1

Perbandingan performa antara Snapdragon 8+ Gen 1 vs Snapdragon 8 Gen 1 (Foto: Beebom)

Uzone.id - Di atas kertas, Snapdragon 8+ Gen 1 menjanjikan performa CPU dan GPU yang lebih baik dari Snapdragon 8 Gen 1. Prosesor ini mendapatkan peningkatan kemampuan CPU hingga 10% lebih ngebut, begitu juga dengan GPU yang 10% makin baik.

Dibuat dengan fabrikasi 4nm dari TSMC, efisiensi dayanya pun 30% lebih oke ketimbang Snapdragon 8 Gen 1 yang dibuat dengan arsitektur 4nm dari Samsung.

Snapdragon 8+ Gen 1 memiliki kluster CPU yang sama, meski kecepatan pada core terkencangnya lebih tinggi. 1-core performance Cortex X2 memiliki kecepatan sampai 3,2 GHz atau 0,2 GHz lebih tinggi ketimbang Snapdragon 8 Gen 1 biasa.

Kluster lainnya masih sama, 3-core Cortex-A710 dengan clock-speed 2,5 Ghz dan 4-core Cortex-A510 1,8 GHz. Sedangkan untuk chip GPU, Adreno 730 dengan Snapdragon Elite Gaming masih digunakan pada prosesor kencang untuk Android ini.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini perbandingan kinerja antara Snapdragon 8 Gen+ 1 dengan Snapdragon 8 Gen 1 yang telah kami siapkan untuk Anda. Simak terus ya, Uzoners!

Baca juga: Spesifikasi Snapdragon 8+ Gen 1

Performa CPU dan GPU

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Snapdragon 8+ Gen 1 memiliki CPU yang sama dengan model standar. SoC (system on chip) ini dibuat dengan arsitektur ARM v9 64-bit yang menjanjikan efisiensi daya yang lebih baik dengan performa yang tak tertandingi.

Perbedaan signifikan di antara keduanya adalah arsitektur yang digunakan. 8+ Gen 1 menggunakan 4nm dari TSMC, sementara varian standar memakai fabrikasi 4nm buatan Samsung.

Perpindahan dari Samsung ke TSMC ini dilakukan untuk memperbaiki masalah overheat yang terjadi di Snapdragon 8 Gen 1. Asal tahu saja, beberapa review menyebut bahwa suksesor Snapdragon 888 itu mengalami kenaikan suhu secara signifikan yang membuat performanya justru menurun jauh.

Dengan clock-speed 10% lebih cepat dan suhu yang lebih stabil, performa Snapdragon 8+ Gen 1 pun unggul ketimbang Snapdragon 8 Gen 1. Mengutip GSMArena, skor benchmark keduanya terpaut cukup jauh.

AnTuTu Benchmark versi 9 misalnya, Snapdragon 8+ Gen 1 meraih skor 1.120.235 poin. Nilainya terasa lebih superior dibanding Snapdragon 8 Gen 1 dengan skor 985.115 poin saja.

Skor AnTuTu Benchmark Snapdragon 8+ Gen 1 yang lebih kencang dari prosesor Qualcomm lainnya

Pengujian lain dengan GeekBench 5, Snapdragon 8+ Gen 1 mendapatkan skor 14% dan 7% lebih tinggi dari prosesor model standar untuk pengujian multi-core maupun single-core.

Pengujian GeekBench 5 (single-core), Snapdragon 8+ Gen 1 juga unggul cukup jauh
Begitu juga dengan pengujian multi-core, prosesor terbaru ini paling cepat di antara lainnya

Baca juga: Antrian Ponsel dengan Snapdragon 8+ Gen 1

Beralih ke GPU, Adreno 730 memang masih diandalkan. Tapi lagi-lagi, kecepatannya ditingkatkan 10% lebih tinggi menjadi 900 MHz daripada versi Snapdragon 8 Gen 1.

Dari pengujian menggunakan aplikasi GFX melalui beberapa skenario dan 3DMark Wild Life Vulkan 1.1, kinerja GPU Snapdragon 8 + Gen 1 berjaya dengan peningkatan kinerja antara 9% hingga 10% di atas Snapdragon 8 Gen 1. Kendati begitu, keduanya tetap sangat powerful untuk bermain game Android apapun yang ada di Google Play Store di setting-an grafis “rata kanan”.

Berdasarkan pengujian 3DMark, kemampuan GPU Snapdragon 8+ Gen 1 juga powerful

Dari tes uji performa, jelas bahwa Qualcomm hanya memberikan penambahan kinerja dan mencoba untuk mengatasi kenaikan suhu yang menyebabkan penurunan performanya. Sebab, sektor lain seperti chip ISP atau image signal processor untuk kamera, modem, AI (kecerdasan buatan), dan lainnya, kurang lebih masih sama dengan Snapdragon 8 Gen 1.

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini