icon-category Gadget

Antrian Smartphone yang Pakai Snapdragon 8 Gen 1+ & 7 Gen 1

  • 17 May 2022 WIB
  • Bagikan :
    Ilustrasi smartphone dengan Snapdragon 8 Gen 1+

    Uzone.id - Snapdragon 8 Gen 1+ dan Snapdragon 7 Gen 1 segera diperkenalkan Qualcomm dalam waktu dekat. Brand ponsel pun berlomba-lomba menjadi yang pertama menggunakan prosesor terbaru besutan Qualcomm.

    Dari rumor yang beredar, Motorola ditunjuk sebagai brand pertama yang berhak menggunakan Snapdragon 8 Gen 1+ pada ponsel teranyarnya, Motorola Edge 30 Ultra. Semuanya berkat kedekatan Lenovo dan Qualcomm yang terjalin sejak lama.

    Kemudian ada Xiaomi 12 Ultra yang dikonfirmasi bakal ditenagai Snapdragon 8 Gen 1+. Smartphone ini memang sejak lama dikaitkan dengan Snapdragon 8 Gen 1+.

    Berbeda dengan Xiaomi 12 dan 12 Pro, ponsel tersebut bakal memiliki kinerja menjanjikan dengan performa kamera unggul berkat chip ISP Snapdragon 8 Gen 1+ yang lebih baik.

    Baca juga: Review Lengkap Xiaomi 12

    Tak ketinggalan ada Samsung Galaxy Z Fold4 dan Z Flip4. Dua smartphone lipat itu tak cuma berdesain cantik saja, tapi juga tampil bengis dengan prosesor terbaru dari Qualcomm.

    Sementara itu, Oppo justru "tak ingin pusing" dengan Snapdragon 8 Gen 1+. Alih-alih menghadirkan produk dengan chipset suksesor Snapdragon 8 Gen 1, pabrikan asal China ini memilih untuk menggunakan Snapdragon 7 Gen 1.

    Ya, Oppo akan menjadi brand pertama yang menghadirkan smartphone terbaru dengan prosesor Snapdragon 7 Gen 1 melalui seri Reno8.

    Snapdragon 8 Gen 1+ tentunya akan memiliki kekuatan lebih unggul ketimbang model standar. Namun tak hanya kencang, prosesor ini juga akan lebih adem berkar fabrikasi proses buatan TSMC.

    Sekadar informasi saja, Snapdragon 8 Gen 1 dibuat dengan fabrikasi 4nm Samsung. Namun banyak isu overheat yang terjadi, sehingga membuat performanya justru menurun saat suhu berada di puncaknya.

    Baca juga: Samsung Tergoda Bikin Prosesor Eksklusif Sendiri

    Dikutip dari GSMArena, upgrade yang dilakukan Qualcomm pada prosesor ini terjadi di sektor GPU atau kartu grafis. Sementara untuk CPU, tetap menggunakan kluster yang sama yang terdiri dari 1-core Cortex X2 pada 3 GHz, 3-core Cortex A710 dan 4-core Cortex A510.

    Sedangkan untuk Snapdragon 7 Gen 1, mengusung dua kluster CPU yang terdiri 4-core Cortex-A710 dengan kecepatan 2.36GHz dan 4-core Cortex A510 pada 1.8Ghz, serta memiliki kartu grafis Adreno 662.

    Kedua prosesor ini akan diperkenalkan pada 20 Mei mendatang di China. Smartphone yang menggunakannya diprediksi akan hadir beberapa Minggu setelahnya.

    VIDEO: Review Lengkap Xiaomi 12

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini