home ×
Technology

SpaceX Akan Siarkan Langsung Peluncuran Roket Falcon 9, Selasa 6 Maret

06 March 2018 By
SpaceX Akan Siarkan Langsung Peluncuran Roket Falcon 9, Selasa 6 Maret
Share
Share
Share
Share

Setelah tertunda akibat cuaca buruk, akhirnya SpaceX akan meluncurkan roket Falcon 9 pada Selasa (6/3), dari tempat peluncuran Cape Canaveral Air Force Station, Florida, AS. Roket ini nantinya akan meluncurkan satelit sebuha geostasioner.

Peluncuran ini sendiri rencananya akan dilakukan pada pukul 12.33 dini hari waktu setempat atau pada pukul 12.33 siang WIB Selasa (6/3) ini.

Meski demikian menurut laporan Newsweek, jika kondisi tidak memungkinkan untuk dilakukannya peluncuran, seperti terjadinya gangguan cuaca atau masalah pada mesin, kemungkinan besar peluncuran akan diundur hingga Rabu (7/3).

Jika memang berhasil terbang, muatan satelit dari roket Falcon 9 itu akan membutuhkan waktu sekitar 33 menit setelah peluncuran untuk mengembang di atmosfer.

Rencananya satelit tersebut akan berada di posisi 30 W dan akan menggantikan satelit Hispasat 1D.

Satelit Hispasat 30W-6 (H30W-6) milik perusahaan komunikasi asal Spanyol, Hispasat, dengan berat enam metrik ton menjadikannya sebagai satelit terbesar yang pernah diterbangkan SpaceX.

Satelit H30W-6 akan membantu perusahaan komunikasi asal Spanyol itu untuk meningkatkan jangkauannya. Satelit ini juga akan membantu memberikan akses internet di daerah pedesaan.

Sayangnya tidak ada pengunjung yang bisa menonton langsung peluncuran Falcon 9 membawa satelit tersebut. Hal ini dikarenakan peluncuran dilakukan tengah malam, jauh sesudah Kennedy Space Center tutup.

Namun begitu, SpaceX menyediakan siaran langsung peluncuran ini melalui akun YouTube serta laman resmi mereka.

 

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id