icon-category Gadget

Spesifikasi Gahar Asus ROG Phone 6 Series, RAM Capai 18 GB

Uzone.id - Akhirnya, Asus ROG Phone 6 melenggang resmi secara global. Sesuai dugaan, dua model diboyong Asus dengan spesifikasi RAM yang berbeda, ROG Phone 6 dan ROG Phone 6 Pro.

Seperti generasi sebelumnya, model standar dan Pro dibedakan pada kapasitas RAM yang disematkan di dalamnya. Namun khusus ROG Phone 6 Pro kali ini, memiliki layar kedua berjenis AMOLED yang bisa diatur tampilannya.

Kedua smartphone gaming terbaru dari Asus itu dilengkapi dengan layar AMOLED berukuran luas dengan frekuensi refresh rate yang amat tinggi.

Bentangan layarnya 6,78 inci dengan resolusi Full HD+. Cukup disayangkan sih kenapa masih Full HD+ saja. Terasa kurang mantap saja kalau ponsel high-end seperti ROG Phone 6 Series belum membawa layar QHD+ atau 3K.

Resolusi yang tinggi padahal memberikan pengalaman visual kepada pengguna yang lebih baik juga. Tapi untungnya, Asus memberikan kemampuan refresh rate super tinggi pada ROG Phone 6 dan ROG Phone 6 Pro.

Baca juga: Review Lengkap Poco F4 GT

Ya, layarnya sudah 165Hz! Menariknya, kecepatan refresh layar bisa diatur sebebas mungkin oleh pengguna, mulai dari 60Hz, 90Hz, 120Hz sampai 144Hz.

Biar main game makin oke, Asus pun menyertakan lapisan kaca Gorilla Glass Victus yang super tangguh. Kehadirannya setidaknya menjaga agar layar tetap aman dari goresan.

Snapdragon 8+ Gen 1 dan RAM 18 GB

ASUS ROG Phone 6 dan ROG Phone 6 Pro jadi ponsel selanjutnya yang menggunakan prosesor terbaru Snapdragon 8+ Gen 1. Prosesor ini begitu kencang, bahkan melebihi Snapdragon 8 Gen 1.

Prosesor ini dikombinasikan dengan RAM berjenis LPDDR5 sebesar 12 GB atau 16 GB untuk varian standar dan 18 GB untuk model Pro. 

Tidak-tidak, besaran RAM ini bukan hasil fusion atau gabungan dari RAM bawaan serta RAM virtual. Ini beneran RAM bawaan yang diberikan Asus agar segala game Android yang ada bisa dimainkan di grafis terbaik dengan sangat lancar.

Baca juga: Daftar Smartphone dengan Snapdragon 8 Gen 1

Ditambah, ada memori penyimpanan sebesar 256 GB atau 512 GB berjenis UFS 3.1 yang juga cepat. Kecepatan write dan read-nya jauh lebih tinggi dari UFS 2.2 dan UFS 3.0.

Asus tak lupa membekali ROG Phone 6 dan ROG Phone 6 Pro dengan sistem penjinak alias pendingin. Kencangnya Snapdragon 8+ Gen3 1 pasti membuat ponsel cepat panas.

Namun sistem pendingin pada ponsel ini dijla6 dapat menurunkan suhu CPU hingga 10 derajat Celcius. Sistem ini juga menjaga performa ponsel tetap stabi6.

Spesifikasi dan Fitur Lainnya

Percaya atau tidak, Asus ROG Phone 6 dan ROG Phone 6 Pro disematkan sistem kamera kelas flagship. Ada tiga kamera di belakang dan satu kamera selfie.

Konfigurasi kameranya antara lain, kamera utama 50MP dengan sensor Sony IMX766. Sensor ini sering dipakai oleh smartphone kelas atas Android.

Kemudian ada juga kamera ultra wide 13MP serta kamera makro 5MP. Adapun untuk kamera selfie, cuma 12MP dengan sensor Sony IMX663.

Biar aktivitas gaming pengguna bisa berlangsung lama, ponsel gaming ini ditopang oleh baterai 6.000 mAh berjenis dual-cell. Artinya, ada dua baterai 3.000 mAh yang disematkan di dalamnya.

Baterai ini bisa diisi melalui dua port USB-C di bawah dan samping. Kecepatannya mencapai 65W yang mampu mengisi daya dalam durasi singkat.

Baca juga: Daftar Game PS5 yang Dukung 120 FPS

Soal fitur, tetap dihadirkan AirTrigger Ultrasonic di sisi kanan bodi dan bagian belakang. Kemudian ada tiga mikrofon, Dirac Virtuo Spatial Audio, jack audio 3,5mm, serta rating IPX4.

Bagaimana dengan harga Asus ROG Phone 6 dan ROG Phone 6 Pro? ROG Phone 6 dijual dengan harga mulai 999 euro atau Rp15,3 jutaan untuk model 12256 GB. Sementara varian Pro dengan RAM 18 GB dan memori penyimpanan 512 GB, dijual 1.299 euro atau Rp20 jutaan.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini