icon-category Gadget

Daftar Smartphone dengan Prosesor Snapdragon 8 Gen 1 di Indonesia

Ilustrasi smartphone dengan prosesor Snapdragon 8 Gen 1

Uzone.id - Beberapa dari kalian mungkin gak tahu, kalau di Indonesia ada lumayan banyak smartphone yang ditenagai oleh prosesor terkencang saat ini, Snapdragon 8 Gen 1. Seri-seri premium dari Samsung, Realme, hingga Xiaomi yang dipasarkan di Indonesia sudah menggunakan suksesor Snapdragon 888 itu.

Nah, jika kalian sedang mencari smartphone Android terkencang yang tersedia resmi di Indonesia, kami telah merangkum daftar ponsel dengan prosesor Snapdragon 8 Gen 1 yang bisa kalian pertimbangkan.

Namun sebelum masuk ke daftar lengkapnya, ada baiknya kalian mengetahui kekuatan sebenarnya dari prosesor Snapdragon 8 Gen 1 ini. Prosesor ini dirancang dengan arsitektur 4nm Samsung, bukan TSMC seperti Snapdragon 8+ Gen 1.

Chipset ini mengusung tiga kluster CPU yang terdiri dari 1-core performance Cortex X2 berkecepatan 3 GHz, 3-core Cortex A710 dengan clock-speed 2,5 GHz, dan 4-core Cortex A510 untuk efisiensi daya berkecepatan 1,8 GHz.

Baca juga: Adu Kuat Snapdragon 8 Gen 1 vs 8+ Gen 1

Adapun kartu grafis yang digunakannya adalah Adreno 730 yang mendukung fitur Snapdragon Elite Gaming untuk memberikan pengalaman gaming maksimal kepada para pengguna, khususnya gamer hardcore.

Berikut ini daftar lengkap smartphone Android dengan prosesor Snapdragon 8 Gen 1 yang dipasarkan resmi di Indonesia.

1. Samsung Galaxy S22

Samsung Galaxy S22 menjadi model paling standar dari keluarga Galaxy S22 Series. Suksesor Samsung Galaxy S21 ini akan dilengkapi dengan layar Dynamic AMOLED 2X berukuran 6,1 inci Full HD+.

Layarnya tak hanya menyuguhkan visualisasi kelas top, tapi juga tahan banting dan gores. Selain mendukung refresh rate adaptif dari 10Hz sampai 120Hz dan Vision Booster, layar Galaxy S22 sudah dilapisi kaca Gorilla Glass Victus.

Prosesor Snapdragon 8 Gen 1 yang digunakannya dipasangkan dengan RAM 8 GB, memori hingga 256 GB, serta baterai dengan kapasitas 3.700 mAh yang didukung fast charging 25W, wireless charging 15W, dan wireless powershare untuk mengisi daya ponsel lain secara nirkabel.

Baca juga: Kualitas Foto dengan Samsung Galaxy S22+

Adapun untuk kamera, smartphone terbaru Samsung itu memiliki kamera utama 50MP yang dilengkapi OIS atau optical image stabilization, kamera ultrawide 12MP, serta kamera tele 10MP dengan OIS juga. Di depan, kamera selfienya cuma 10MP saja.

Soal harga, smartphone dengan prosesor Snapdragon 8 Gen 1 ini dibanderol mulai Rp11,9 jutaan saja.

2. Samsung Galaxy S22+

Punya bujet lebih? Samsung Galaxy S22+ juga menggunakan prosesor Snapdragon 8 Gen 1 lho. Spesifikasi utamanya mirip dengan Galaxy S22 standar.

Perbedaan paling terlihat terdapat pada luas layar yang berukuran 6,6 inci dan baterai yang lebih jumbo sebesar 4.500 mAh. Harganya sendiri mulai Rp14,9 jutaan untuk model terendah 8/128 GB dan Rp15,9 jutaan untuk varian 8/256 GB.

3. Samsung Galaxy S22 Ultra

Kalau mau ponsel Samsung dengan spek top of the top, Samsung Galaxy S22 Ultra kayak banget jadi prioritas utama. Apalagi, smartphone ini juga sudah ditenagai oleh chipset Snapdragon 8 Gen 1 yang super ngebut.

Semua fitur yang kalian inginkan ada di ponsel pintar Samsung ini. Desain premium? Check. Layar luas dan melengkung? Ada juga. Kamera menakjubkan? Pastinya.

Samsung Galaxy S22 Ultra pun menjadi Galaxy S pertama dengan slot S Pen terintegrasi di dalamnya, sekaligus menjadi pengganti dari Galaxy Note Series yang telah dipensiunkan.

Perihal speknya, layar yang dibawanya berjenis Dynamic AMOLED 2X berukuran 6,8 inci dengan resolusi QHD+ atau 3K. Refresh rate-nya sudah adaptif 1Hz hingga 120Hz dan telah dilapisi Gorilla Glass Victus yang kuat.

Baca juga: Review Samsung Galaxy S22 Ultra

RAM-nya lebih besar 12 GB dengan memori penyimpanan hingga 512 GB. Adapun untuk baterainya berkapasitas 5.000 mAh dengan fast charging 45W, wireless charging 15W, dan wireless powershare untuk mengisi daya ponsel lain secara nirkabel.

Kameranya punya mutu yang lebih ciamik berkat kamera utama 108MP dengan OIS, kamera ultrawide 12MP, kamera tele 10MP dengan OIS, dan kamera periskop 10MP dengan OIS juga. Sementara kamera depannya 40MP.

Soal harga, kalian harus siap menrogoh kocek sedalam Rp17,9 jutaan untuk model terendah dari smartphone ini.

4. Realme GT 2 Pro

Realme pun turut membawa smartphone dengan ‘otak’ Snapdragon 8 Gen 1 ke Indonesia. Bernama Realme GT 2 Pro, smartphone ini dipasarkan dengan harga Rp9,9 jutaan atau lebih murah ketimbang Samsung Galaxy S22 standar.

Realme GT 2 Pro dikemas dengan penampilan yang begitu berbeda. Bodi belakangnya memiliki tekstur ala kertas yang halus berkat material biopolimer yang digunakan.

Namanya juga seri flagship, segala fitur yang didambakan pengguna dijejalkan di ponsel ini. Bagian layar saja, Realme GT 2 Pro mengusung layar AMOLED LTPO 2.0 berukuran 6,7 inci dengan resolusi 2K dan sudah mendukung refresh rate 120Hz yang adaptif.

Baca juga: Realme GT 2 Pro vs Xiaomi 12 Pro

Dukungan fitur canggih seperti HDR10+, lapisan kaca Gorilla Glass Victus, warna 10-bit, dan sebagainya, turut disematkan pada layar smartphone ini.

Tak hanya ditenagai Snapdragon 8 Gen 1 sebagai mesin utamanya, Realme GT 2 Pro membawa RAM LPDDR5 sebesar 12 GB, memori penyimpanan 256 GB, serta baterai dengan kapasitas 5.000 mAh yang mendukung fast charging 65W.

Pada kamera, ada sepasang kamera 50MP untuk kamera utama dan ultrawide, serta microlens beresolsui 3MP. Sementara di depan, tersemat kamera 32MP.

5. Xiaomi 12

Realme dan Xiaomi memang senang launching produk berdekatan jadwalnya. Alhasil konsumen tanah air pun kebingungan, pilih mana yang terbaik di antara keduanya.

Ya, setelah Realme merilis GT 2 Pro, Xiaomi juga turut menghadirkan Xiaomi 12 Series dengan prosesor Snapdragon 8 Gen 1. Soal mana yang bagus, sebenarnya tergantung selera masing-masing.

Realme GT 2 Pro punya layar yang datar dengan desain ‘bodi kertas’ yang kelihatan beda, sementara Xiaomi 12 punya bodi yang pas di tangan dan layar melengkung. Sisanya, kedua ponsel ini mengusung spesifikasi yang amat sangat kencang di kelasnya.

Xiaomi 12 Pro memiliki layar AMOLED berukuran 6,28 inci dengan lengkungan di tepian kiri dan kanannya. Layar itu beresolusi Full HD+ dengan refresh rate 120Hz, serta dilapisi Gorilla Glass Victus yang kuat.

Prosesor Snapdragon 8 Gen 1 yang digunakannya dipadukan dengan RAM 8 GB, memori penyimpanan 256 GB, serta baterai 4.500 mAh yang lumayan tahan lama. Belum lagi, fast charging yang didukungnya sudah 67W yang bakal ngecas baterai dalam waktu singkat.

Xiaomi 12 punya kamera utama 50MP dengan sensor premium Sony IMX766 dan sudah mendukung OIS. Dipadukan dengan kamera ultrawide 13MP dan kamera 5MP tele-macro yang mendukung autofokus, serta kamera selfie 32MP.

Soal harga, smartphone ini dijual dengan harga mulai Rp9,9 jutaan saja di Indonesia.

6. Xiaomi 12 Pro

Menyandang emblem ‘Pro’ di belakangnya, peningkatan yang dibawa Xiaomi 12 Pro terletak pada ukuran layar, kapasitas RAM serta baterai, serta konfigurasi kamera.

Layarnya berjenis LTPO AMOLED berukuran 6,73 inci dengan resolusi 3K. Refresh rate-nya sudah 120Hz yang adaptif, sehingga pas banget buat kalian para gamer atau kreator konten yang butuh visualisasi maksimal.

RAM ponsel ini berkapasitas 12 GB yang digabungkan dengan memori penyimpanan seluas 256 GB. Performa Snapdragon 8 Gen 1 juga didukung oleh baterai 4.600 mAh dengan fast charging 120W!

Baca juga: Review Xiaomi 12 Pro

Di bagian kamera, Xiaomi 12 Pro punya kamera 50MP dengan sensor Sony IMX707 yang jauh lebih bagus dan sudah dibantu oleh OIS, kamera ultrawide 50MP, serta kamera tele dengan sensor 50MP juga. Di depan, kamera selfienya 32MP yang sama dengan model standar.

Kalau bujet kalian fleksibel, Xiaomi 12 Pro bisa dijadikan pilihan. Smartphone dengan prosesor Snapdragon 8 Gen 1 itu dijual Rp12,9 jutaan.

7. Oppo Find X5 Pro

Oppo tak ingin ketinggalan membawa smartphone dengan prosesor Snapdragon 8 Gen 1 ke Indonesia. Adalah Oppo Find X5 Pro yang jadi ponsel pertama dari pabrikan asal China tersebut dengan chipset ngebut besutan Qualcomm.

Dibanderol dengan harga Rp14,9 jutaan, Oppo Find X5 Pro dijejalkan fitur dan teknologi premium untuk memudahkan pengguna melakukan banyak hal di perangkat pintarnya, khususnya kreator konten.

Oppo Find X5 Pro dilengkapi dengan layar berjenis LTPO AMOLED 2.0 berukuran 6,7 inci dengan resolusi 3K alias 1.440 x 3.216 piksel. Layar ini telah dilapisi oleh kaca Gorilla Glass Victus yang lebih kuat dari Gorilla Glass 6.

Layar tersebut mampu menyuguhkan kualitas visual top class berkat dukungan HDR10+, intensitas cahaya layar hingga 1.300 nits, cakupan warna 10-bit atau 1 miliar warna, hingga refresh rate adaptif dari 1Hz hingga 120Hz.

Prosesor Snapdragon 8 Gen 1 yang dipakainya juga didukung oleh RAM dan penyimpanan yang besar dan cepat. RAM-nya 12 GB dengan storage 256 GB yang memudahkan pengguna untuk multi-tasking, gaming, editing, dan kegiatan berat lainnya.

Baca juga: Harga Oppo Find X5 Pro

Adapun untuk baterainya, Oppo Find X5 Pro ditopang oleh baterai berkapasitas 5.000 mAh yang didukung SuperVOOC 80W, wireless charging AirVOOC 50W, dan reverse wireless charging 10W.

Di sektor kamera, Oppo Find X5 Pro memiliki konfigurasi kamera utama 50MP dengan bukaan lensa f/1.7 dengan OIS, kamera ultrawide 50MP, serta kamera telephoto 13MP dengan kemampuan 2x optical-zoom.

Pengambilan gambar mengandalkan pintarnya chipset ISP terbaru di Snapdragon 8 Gen 1 dan chip NPU MariSilicon X. Perpaduan keduanya memungkinkan pengguna untuk merekam video malam berkualitas 4K Ultra dengan menggunakan kamera utama dan ultrawide.

8. Poco F4 GT

Terakhir ada Poco F4 GT. Smartphone ini memang belum diperkenalkan resmi ke Indonesia, namun kemunculannya akan terjadi dalam waktu dekat.

Kehadiran smartphone baru Poco itu terendus saat ponsel dengan kode Xiaomi 12212120G muncul di situs resmi TKDN Kementerian perindustrian. Tertulis kalau Poco F4 GT mengantongi TKDN sebesar 36,51% dan sudah mendukung jaringan 5G dan 4G LTE.

Membahas soal spesifikasinya, Poco F4 GT memiliki layar berjenis AMOLED berukuran 6,67 inci dengan resolusi Full HD+. Refresh rate-nya merata seperti kompetitor lainnya, 120Hz yang bisa diatur kecepatannya.

Dukungan HDR10+, DCI-P3, Gorilla Glass Victus, warna 10-bit, dan fitur canggih lainnya turut dibawa oleh smartphone terbaru ini.

Prosesor Snapdragon 8 Gen 1 yang digunakan Poco F4 GT dikombinasikan juga dengan RAM LPDDR5 hingga 12 GB, memori penyimpana UFS 3.1 sampai 256 GB, serta baterai 4.700 mAh dengan fast charging 120W.

Sedangkan untuk kamera, digunakan kamera utama 64MP tanpa OIS, kamera ultrawide 8MP, dan kamera makro 2MP. Konfigurasi yang biasa saja, karena Poco F4 GT memang fokus di sektor performa untuk gaming dan multi-tasking.

Belum ada informasi berapa harga Poco F4 GT ketika masuk ke Indonesia. Jadi, kita nantikan saja kehadirannya.

Itu dia daftar smartphone Android dengan prosesor Snapdragon 8 Gen 1 yang beredar resmi di Indonesia. Kalian pilih mana nih?

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini