icon-category Gadget

Spesifikasi Vivo X80 dan X80 Pro yang Sudah Dijual di Indonesia

Uzone.id - Vivo X80 dan X80 Pro sudah diluncurkan di Indonesia. Walau belum diumumkan berapa harga resminya, Vivo telah mengungkap seluruh spesifikasi dari ponsel flagship X80 dan X80 Pro.

Vivo X80 Pro menjadi model tertinggi yang dibawa ke Indonesia. Smartphone ini ditenagai prosesor Snapdragon 8 Gen 1 yang dipasangkan dengan RAM sebesar 12 GB berjenis LPDDR5 serta memori penyimpanan 256 GB UFS 3.1.

Baterai yang disematkan di dalamnya cukup besar, kapasitasnya 4.700 mAh yang didukung fast charging 80W kabel serta wireless charging dengan output maksimum 50W. Menariknya, X80 Pro bisa berguna sebagai powerbank dadakan, karena dapat mengisi daya perangkat lain via kabel ataupun nirkabel.

Snapdragon 8 Gen 1 dikenal sebagai prosesor yang ngebut, tapi juga mudah overheat. Hal ini juga diamini oleh beberapa reviewer global yang telah mengulasnya beberapa waktu lalu.

Sadar akan hal itu, Vivo pun menyertakan sistem pendingin berupa vapor chamber 27 lapis untuk menjaga suhu ponsel agar tetap stabil. Sistem pendingin ini berguna juga untuk menjaga performa tetap stabil sepanjang pemakaian.

Baca juga: Spesifikasi Gahar ZTE Nubia Z40S Pro

Oiya, berbeda dengan varian yang hadir di China dengan OriginOS, VIvo X80 Pro yang hadir di Indonesia menggunakan Funtouch OS 12 berbasis Android 12. Fitur lainnya, ada NFC, speaker stereo, rating IP68 tahan air dan debu, sampai chip audio HiFi.

Spesifikasi Vivo X80 Pro Lainnya

Smartphone ini mengusung panel layar E5 LTPO2 AMOLED dari Samsung yang mendukung teknologi refresh rate adaptif dari 1Hz hingga 120Hz. Kecepatan refresh tersebut akan dinamis, tergantung aplikasi, game atau proses yang dijalankan pengguna.

Dengan teknologi ini, Vivo mengklaim efisiensi daya X80 Pro lebih baik ketimbang generasi terdahulu. Adapun untuk ukurannya 6,78 inci dengan resolusi QHD+.

Di bawah layarnya terdapat sensor sidik jari ultrasonik dengan area sensor 38,7 persen lebih besar. Beda dengan sensor sidik jari di bawah layar konvensional, responsivitas sensornya jauh lebih baik.

Tepat di atas layarnya, masih ada lubang kamera sebagai tempat bagi kamera selfie 32MP. Ya, Vivo masih belum mengimplementasi in-display camera seperti Samsung maupun ZTE pada produk flagship-nya.

Ke bagian belakang, terdapat empat kamera yang disematkan Vivo untuk X80 Pro. Konfigurasinya terdiri dari kamera utama 50MP dengan sensor Samsung GNV, kamera telephoto 12MP Sony IMX663 dengan OIS (optical image stabilization) berkemampuan 2x optical-zoom.

Baca juga: Daftar Ponsel dengan Fast Charging Ngebut di Indonesia

Kemudian kamera telephoto berjenis periskop 8MP dengan 5x optical-zoom dan kamera ultra wide 48MP Sony IMX598. Seluruh kamera mendapatkan benefit dari kerja sama Vivo dengan Zeiss, melalui T* coating pada lensanya. Juga, kamera ini didukung chip ISP Vivo V1+ untuk meningkatkan kebolehan fotografi low-light.

Spesifikasi Vivo X80

Lain hal dengan Vivo X80, smartphone ini ditenagai oleh prosesor MediaTek Dimensity 9000. Bisa dibilang, Vivo X80 jadi ponsel pertama di Indonesia dengan prosesor tersebut.

Sama halnya, RAM dan memori penyimpanan ponsel ini sebesar 12 GB dan 256 GB. Adapun untuk baterainya malah lebih kecil menjadi 4.500 mAh dengan pengisian cepat 80W tanpa dukungan wireless charging.

Layar Vivo X80 berukuran sama dengan model Pro. Hanya saja, jenisnya bukan LTPO2 melainkan Samsung E5 AMOLED dengan intensitas cahaya maksimal 1.500 nits, mendukung cakupan warna 100% DCI-P3 dan refresh rate 120Hz yang tak adaptif.

Kamera selfie-nya pun tetap sama dengan varian Pro. Perbedaannya terletak pada kamera belakang dengan konfigurasi yang berbeda.

Baca juga: Harga Oppo A57 di Indonesia

Kamera utama smartphone ini 50MP dengan sensor Sony IMX866 berjenis RGBW, lalu kamera telephoto 12MP yang sama dengan model Pro, serta kamera ultra wide 12MP Sony IMX663. 

Sampai sekarang, Vivo belum mengungkap harga dari X80 dan X80 Pro di Indonesia. Di China, kisaran harganya Rp10 jutaan untuk model standar dan mulai Rp15 jutaan untuk versi Pro.

Meski begitu, ponsel ini sudah bisa dipesan melalui program Early Pre-order yang dibuka dari 19 sampai 25 Juli di Vivo Official Store di Blibli dan Tokopedia.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini