home ×
Digilife

Spotify Bikin Playlist Sesuai Mood Hanya Lewat Suara

31 January 2021 By
Spotify Bikin Playlist Sesuai Mood Hanya Lewat Suara
Share
Share
Share
Share

Uzone.id - Mendengarkan musik di Spotify akan semakin menarik. Pasalnya, platform ini telah mengajukan paten yang memungkinkan merekomendasikan musik sesuai dengan suasana hati pendengarnya secara lebih akurat.

Teknologi yang telah dipatenkan oleh Spotify  ini nantinya akan menganalisa suara penggunanya, lalu merekomendasikan musik berdasarkan “suasana hati, gender, usia maupun aksen suara.”

Paten ini telah diajukan pada tahun 2018 dan baru diwujudkan pada 12 januari lalu. teknologi nantinya akan mengobservasi suasana dan kondisi penggunanya menggunakan teknologi pengenal suara.

Baca juga: Amazon Akuisisi Layanan Podcast Demi Saingi Podcast

Setelah itu, Spotify akan memutar musik yang menggambarkan mood pendengar bahkan juga “sosial setting” mereka. Seperti apakah mereka sedang sendirian, berkumpul, atau di pesta.

“Sangat umum bagi aplikasi streaming untuk menyediakan fitur rekomendasi yang disesuaikan dengan selera pengguna.” tulis Spotify dalam aplikasinya, dikutip Uzone.id dari BBC, Minggu (31/1).

Namun saat ini, pendekatan untuk memahami selera pengguna masih dirasa tidak memuaskan, karena pengguna diminta untuk “menjawab secara rinci berbagai pertanyaan” mengenai usia, gender, dan musik kesukaan mereka.

Baca juga: Spotify Berencana Bikin Paket Langganan Podcast

Nantinya, pengenal suara ini berguna untuk mengumpulkan informasi usia dan gender, sementara isyarat “kontekstual” seperti intonasi, penekanan dan ritme suara akan digunakan sebagai petunjuk emosi pengguna, apakah mereka sedang senang, marah, sedih atau biasa saja.

Spotify juga menyatakan bahwa, “harus dipahami jika metadata dari emosi, gender, usia dan aksen di atas merupakan beberapa contoh saja. Masih banyak karakterisasi dan klasifikasi lain yang bisa digunakan.”

Gabungan hasil informasi-informasi termasuk lagu yang diputar pengguna sebelumnya, dan pilihan musik teman-teman mereka akan meningkatkan akurasi dalam rekomendasi tersebut.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article