icon-category Startup

Startup di Indonesia Paling Banyak se-Asia Tenggara

  • 23 Jan 2024 WIB
Bagikan :

Uzone.id – Pertumbuhan startup di Indonesia menjadi salah satu yang paling cepat di seluruh dunia. Per Mei 2023 kemarin, jumlah perusahaan rintisan di dunia mencapai 144.688, dimana hampir setengahnya berasal dari Amerika Serikat.

Sementara itu, Asia Tenggara memiliki lebih dari 4.000 startup dan 32 startup diantaranya merupakan startup berlabel Unicorn, atau startup dengan valuasi lebih dari USD1 miliar.

Dari 10 negara Asia Tenggara, Indonesia berada di posisi pertama dengan jumlah startup terbanyak di wilayah tersebut.

Melansir dari data Startup Ranking, Senin, (22/01), Indonesia memiliki kurang lebih 2,566 startup yang tersebar di seluruh wilayah. Dari jumlah tersebut, ada 8 startup yang telah mencapai startup Unicorn.

Startup unicorn di Indonesia antara lain J&T Express, Traveloka, Akulaku, eFishery, DANA, Xendit, Ajaib, dan Kopi Kenangan.

Selanjutnya, di posisi kedua ada Singapura dengan jumlah startup sebanyak 1.179 startup. Walaupun jumlah startup mereka tak sebanyak Indonesia, namun startup Unicorn di Singapura menjadi yang paling tinggi, dengan 17 startup.

Posisi ketiga sebagai negara dengan startup terbanyak di Asia Tenggara adalah Filipina dengan 339 startup. Negara ini memiliki 1 startup berstatus Unicorn, yakni Revolution Precrafted yang sudah memiliki valuasi USD1 miliar.

Malaysia menjadi negara keempat dengan jumlah startup terbanyak, yaitu 327 startup dan memiliki 1 startup Unicorn, yaitu Carsome dengan valuasi mencapai USD1,7 miliar.

Di posisi kelima ada Thailand dengan 190 startup hingga saat ini. Thailand memiliki 3 startup yang sudah mencapai level Unicorn, yaitu Ascend Money, LINE MAN Wongnai, dan Flash Express.

Keenam ada Vietnam dengan 182 startup dan 2 startup unicorn, yaitu Sky Mavis dan MoMo.

Kemudian, di posisi selanjutnya ada Myanmar yang memiliki 47 startup, disusul Brunei dengan 9 startup, Kamboja dengan 7 startup dan Timor Leste dengan 1 startup. Hingga berita ini diturunkan, keempat negara ini belum memiliki startup bervaluasi USD1 miliar atau unicorn.

Secara global, Indonesia juga menempati peringkat atas dengan jumlah startup terbanyak di dunia, yaitu peringkat ke-6 di bawah Amerika Serikat, India, Inggris, Kanada dan Australia.

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini