icon-category Startup

Daftar Startup Indonesia dengan Valuasi Tertinggi Selama 2023

  • 17 Jan 2024 WIB
Bagikan :

Uzone.id – Hingga saat ini, Indonesia tercatat memiliki 2.300 startup dan jadi negara yang paling banyak memiliki startup di Asia Tenggara. Dari ribuan startup ini, per 2023 kemarin ada 8 startup Indonesia yang mempertahankan statusnya sebagai unicorn.

Unicorn sendiri merupakan startup dengan nilai valuasi diatas USD1 miliar atau Rp15,6 triliun. Sementara itu, Indonesia juga memiliki 2 startup decacorn yaitu GoTo dan J&T Express.

Dari sekian banyak startup ini, beberapa startup Indonesia menjadi berhasil menjadi perusahaan rintisan dengan nilai valuasi tertinggi. Tentunya, startup-startup ini juga menyandang gelar unicorn karena sudah memiliki valuasi di atas USD1 miliar.

Nah, berdasarkan CB Insights, berikut beberapa startup unicorn lokal yang memiliki nilai valuasi tertinggi hingga 2023 kemarin.

J&T Express 

J&T Express masih menjadi startup unicorn di Indonesia dengan valuasi tertinggi. Mengutip dari CB Insights, Selasa, (17/01), hingga Oktober 2023 kemarin, J&T Express memiliki valuasi sebesar USD20 miliar atau Rp313 triliun.

Dengan valuasi ini, J&T Express yang beroperasi di sektor pengiriman barang ini juga mendapat gelar Decacorn karena telah mencapai valuasi lebih dari USD10 miliar.

J&T mendapatkan investor dari Hillhouse Capital Management, Boyu Capital, Sequoia Capital China dan lainnya.

Traveloka

Selanjutnya, ada startup yang bergerak di sektor traveling, Traveloka yang menjadi startup unicorn di Indonesia dengan valuasi tertinggi. Per Oktober 2023 lalu, Traveloka memiliki nilai valuasi USD3 miliar atau sekitar Rp46,6 triliun.

Traveloka mendapat pendanaan dari berbagai investor termasuk Global Founders Capital, East Ventures, Expedia Inc.

Akulaku

Di posisi ketiga ada startup fintech Akulaku yang menyediakan layanan kredit bagi konsumen, perbankan digital, manajemen kekayaan, hingga broker asuransi. Startup yang berdiri pada tahun 2014 ini memiliki valuasi sebesar USD2 miliar atau Rp31 triliun.

Akulaku resmi menyandang status sebagai unicorn pada tahun 2021, startup ini mendapat pendanaan dari DCM Ventures, IDG Capital, dan Siam Commercial Bank.

eFishery 

Startup yang satu ini menjadi startup terbaru yang menyandang status sebagai unicorn. Startup ini resmi menyandang status unicorn pada Mei 2023 dan hingga saat ini terus melakukan ekspansi ke India.

Valuasi eFishery 2023 mencapai USD1,30 miliar atau Rp20 triliun dan menjadi startup keempat yang memiliki valuasi tertinggi. Startup di bidang perikanan ini mendapat sokongan dana dari Aqua-Spark, Wavemaker Partners, dan Peak XV Partners.

DANA

Selanjutnya, ada startup dari sektor keuangan DANA yang menjadi startup selanjutnya dengan valuasi tertinggi. Per Oktober 2023, DANA memiliki valuasi sebesar USD1,13 atau Rp17,6 triliun.

Startup ini resmi menjadi unicorn pada tahun 2022 dan mendapatkan sokongan dana dari Ant Group, Lazada dan Sinar Mas Indonesia. 

Xendit

Startup Xendit yang bergerak di sektor Financial Services bergabung menjadi startup unicorn dengan valuasi tertinggi di Indonesia. Per Oktober 2023, Xendit memiliki nilai valuasi USD1 miliar atau Rp15,6 triliun dengan sokongan dari investor Accel, Y Combinator dan Amasia.

Ajaib

Selanjutnya, ada startup fintech yang bergerak di bidang saham dan reksa dana Ajaib. Startup Ajaib Sekuritas berdiri di tahun 1989 dan menjadi unicorn pada tahun 2021 lalu.

Startup ini memiliki valuasi yang sama dengan Xendit yakni USD1 miliar atau Rp15,6 triliun dengan sokongan dari investor Softbank Ventures Asia, Alpha JWC Ventures, Insignia Ventures Partners.

Kopi Kenangan

Kopi Kenangan menjadi satu-satunya startup Food and Beverage yang masuk dalam list startup dengan valuasi tertinggi di Indonesia per Oktober 2023.

Startup yang berdiri tahun 2017 ini memiliki valuasi sebesar USD1 miliar atau setara Rp15,6 triliun dengan sokongan dana dari investor Horizons Ventures, Sequoia Capital India, Alpha JWC Ventures.

Gojek dan Tokopedia

Sementara itu, Gojek dan Tokopedia juga masih dalam list startup unicorn di Indonesia, dua startup yang tergabung menjadi GoTo ini sempat memiliki valuasi tertinggi se-Indonesia pada tahun 2021 dengan nilai USD30 miliar.

Namun valuasi tersebut terus menurun dimana pada tahun 2022 lalu, nilai Valuasi GoTo diperkirakan hanya berada di USD8 miliar atau Rp126 triliun. Sementara untuk tahun 2023, nilai saham GoTo terus mengalami pasang surut dan belum ada informasi resmi terkait nilai valuasi terbaru dari raksasa startup ini, terlebih setelah adanya kerja sama antara Tokopedia dengan TikTok terkait TikTok Shop.

Nah, itu tadi beberapa startup unicorn (dan decacorn) Indonesia yang memiliki valuasi tertinggi per Oktober 2023.

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini