home ×
Digilife

Sudah Ada TikTok, Apa Keunikan dari Reels Milik Instagram?

23 June 2021 By
Sudah Ada TikTok, Apa Keunikan dari Reels Milik Instagram?
Share
Share
Share
Share

 

Uzone.id - Instagram secara resmi merilis fitur Reels di Indonesia hari ini, 23 Juni 2021. Sebelumya Reels telah hadir di 80 negara. Reels merupakan fitur bagi para pengguna untuk membuat dan berbagi video pendek. Lantas apa bedanya dari aplikasi kompetitor seperti TikTok?

Revie Sylviana, Direktur Kemitraan Konten Hiburan untuk Facebook di Indonesia menyampaikan bahwa tidak ada platform yang 100 persen sama. “Seperti TikTok, Snapchat, dan Youtube, semua memiliki kelebihan dalam fiturnya masing-masing,” ujar Revie saat peluncuran Reels.

Reels memang sekilas memiliki fitur yang sangat mirip dengan TikTok, mulai dari segi penampilan dan fitur yang ada. Dalam Reels, pengguna bisa membuat video dan menambahkan lagu, filter, transisi, teks, dan fitur unik lainnya. Video dalam Reels juga mengutamakan mode horizontal.

Baca juga: Reels dan Instagram Music Jadi Trending Topic

Video yang tampil pada tab Reels juga akan terus berputar ulang apabila pengguna tidak melanjutkan untuk scroll tab Reels mereka. Pengguna lain juga dapat memberikan like dan komentar pada Reels.

Kemungkinan besar yang menjadi pembeda antara Reels dan TikTok adalah tujuan serta komunitas yang ada di Instagram.

“Instagram melihat potensi karena bisa mendorong potensi dari para pengguna untuk ditemukan bukan hanya dalam pasar lokal, namun juga internasional” ungkap Revie.

Baca juga: Saingi TikTok, Kini Instagram Reels Diselipkan Iklan

Reels ini nantinya bukan hanya menjadi sebuah fitur, namun akan berkembang menjadi komunitas dengan minat yang sama. Dengan adanya komunitas tersebut, para pengguna dapat memilah minatnya secara lebih mudah.

Para pemilik bisnis kecil hingga besar pun mendapatkan keuntungan karena konten Reels yang mereka buat dapat mencapai target pasar yang lebih luas lagi. Kedepannya, Instagram akan terus berupaya untuk menghadirkan fitur yang lebih canggih dan menjaga komunitas agar tetap nyaman bagi sesama. 

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id