icon-category Digilife

Sudah Jangan Debat, Ronaldo Gak Cetak Gol ke Gawang Uruguay

Cristiano Ronaldo saat berlaga melawan Uruguay (Foto: Getty Images)

Uzone.id - Jangan diperdebatkan lagi, Adidas sudah memastikan bahwa Cristiano Ronaldo sama sekali tidak mencetak gol pembuka saat Portugal mengalahkan Uruguay beberapa waktu lalu. Ex pemain Manchester United itu sempat disebut sebagai pencetak gol pembuka ketika umpan silang Bruno Fernandes dianggap mengenai rambutnya.

Pada laga kedua Grup H di Stadion Lusail, Selasa (29/11), sempat terjadi kebingungan siapa sebenarnya yang mencatatkan namanya sebagai pencetak gol pembuka pada laga yang dimenangkan Portugal dengan skor 2-0 itu.

Ketika umpan silang Bruno Fernandes melesat ke tiang jauh, Ronaldo melompat di area penalti dalam upaya melakukan kontak. Bola pun berhasil masuk, dimana pemain dengan julukan CR7 tersebut melakukan selebrasi atas ‘gol yang dicetaknya’.

Namun beberapa menit kemudian, justru wajah Fernandes yang muncul di Stadion Lusail dengan tulisan ‘GOAL’ di sebelah fotonya. Tayangan ulang pun menunjukkan bahwa tidak ada kontak apapun antara Ronaldo dan bola.

Baca juga: 5 Cara Cek Jadwal dan Hasil Pertandingan Piala Dunia 2022

Adidas membuktikan lewat analisis akurat

Untuk menghentikan kebingungan ini, Adidas sebagai sponsor resmi Piala Dunia 2022 di Qatar sampai harus turun tangan. Adidas mengatakan tidak ada kontak sama sekali antara Ronaldo dan bola.

Hal ini dibuktikan melalui teknologi ‘Connected Ball’ yang disematkan pada bola resmi World Cup 2022, Al Rihla. Teknologi ini dapat mendeteksi sentuhan yang tidak jelas, sehingga memberikan analisis akurat kepada tim VAR dan wasit saat mengambil keputusan akhir.

“Tidak ada kekuatan eksternal pada bola yang dapat diukur seperti yang ditunjukkan oleh kurangnya ‘heartbeat’ dalam pengukuran kami dan dalam grafik terlampir,” jelas Adidas dalam keterangan resminya, seperti dikutip dari The Athletic.

“Sensor IMU 500Hz di dalam bola memungkinkan kami menganalisis secara akurat,” klaim Adidas.

Baca juga: Apa Itu VAR di Piala Dunia 2022 dan Cara Kerja Mendeteksi Offside

Sejauh ini, Cristiano Ronaldo belum memberikan komentarnya atas situasi tersebut. Namun rekannya, Bruno Fernandes yakin kalau Ronaldo-lah yang mencetak gol pada saat itu. 

“Perasaan yang saya miliki adalah Cristiano menyentuh bola, saya memberikan bola kepadanya dan yang terpenting adalah kami mampu memenangkan pertandingan melawan lawan yang sangat tangguh,” jelasnya.

Andai saja gol itu memang milik CR7, maka ia menyamai rekor Eusebio dengan mencetak sembilan gol untuk Portugal di Piala Dunia. Namun ia masih bisa meningkatkan perolehan golnya saat menghadapi Korea Selatan di laga grup terakhir nanti.

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini