home ×
Digilife

Sukses Digelar Virtual, Prambanan Jazz Online Hibur Penikmat Konser di Rumah

18 July 2020 By
Sukses Digelar Virtual, Prambanan Jazz Online Hibur Penikmat Konser di Rumah
Share
Share
Share

Uzone.id -- Konser Prambanan Jazz di tahun ini diselenggarakan secara online demi mengikuti protokol keamanan dan kesehatan terhadap pencegahan penularan pandemi. Meski digelar secara virtual, acara ini tetap berlangsung sukses dan berhasil memanjakan para penikmat konser, khususnya pecinta musik jazz.

“Iya, tadi sore sempat nonton Rio Febrian. Unik banget pengalaman nonton konser dari ponsel, tapi tetap bisa nyanyi bareng di rumah, daripada gak ada hiburan musik baru,” ungkap Rasya, perempuan usia 21 tahun yang sengaja nonton melalui aplikasi UseeTV dari rumahnya di bilangan Kalibata, Sabtu (18/7).

Prambanan Jazz Online digelar langsung di cagar budaya Candi Prambanan di Jawa Tengah pada Sabtu, 18 Juli 2020, namun acara ini disiarkan secara online melalui saluran iKonser UseeTV (channel 459 SD | 949 HD). Tak cuma itu, konser ini juga turut dihadirkan di aplikasi iKonser dan UseeTV Go.

Selama berlangsung mulai pukul 15.30-17.30 WIB, tercatat lebih dari 20 ribu penonton yang menyaksikan acara ini dari rumah.

“Prambanan Jazz Online ini sebagai salah satu jawaban dari tantangan pandemi, dikemas dalam bentuk konser online dan kami juga mengadakan donasi kemanusiaan untuk pekerja event dan seni terdampak virus corona,” ucap Founder Prambanan Jazz Festival, Anas Syahrul Alimi dalam keterangan resminya yang diterima Uzone.id.

Baca juga: Tampilan Baru, Aplikasi UseeTV Go Hadirkan Berita Hingga Video on-Demand

Menurutnya, berjarak bukan berarti harus jauh, tetapi tetap memberi ruang untuk mempersiapkan diri kembali.

Selama acara ini berlangsung, Prambanan Jazz Online tetap mengikuti aturan protokol kesehatan yang dikeluarkan pemerintah.

“Konser musik virtual pertama di Indonesia ini dilaksanakan secara langsung dari situs cagar budaya, langkah ini menjadi cara membangkitkan audiens bahwa konser bisa dinikmati dari rumah masing-masing. Sekaligus, memberi kesempatan pada pelaku event untuk dapat kembali bekerja,” tutur Rizki Handayani Mustafa selaku Deputi Bidang Produk dan Penyelenggaraan Kegiatan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Konser ini menghadirkan deretan musisi jazz Tanah Air seperti Arman Harjo dan Kakung Triatmodjo dari duo band Langit Sore, Rio Febrian, hingga musisi asal Yogyakarta Frau.

(dok. Ist)

Lagu pembuka dibawakan oleh Langit Sore yang menyanyikan ‘Muda dan Jatuh Cinta’, ‘Terpisah Jarak dan Waktu’, dan ‘Aku Cemburu’.

“Tetap semangat dan mari ikut menyanyikan bersama kami dari rumah,” sapa Arman dan Kakung. “Di Prambanan Jazz Online ini, kami ingin tetap menampilkan konser hype walaupun penonton dari rumah.”

Setelah Langit Sore unjuk gigi, giliran Frau yang menyenandungkan enam lagunya seperti ‘Intensity’, ‘Mesin Penenun Hujan’, serta ‘Sepasang Kekasih yang Pertama Bercinta di Luar Angkasa’.

Kemudian Rio Febrian menjadi penampilan penutup acara konser yang digelar selama dua jam ini. Dia melantunkan berbagai tembang khasnya seperti ‘Tiada Kata Berpisah’, ‘Jenuh’, hingga ‘Aku Bertahan’.

(Foto: dok. Ist)

Prambanan Jazz Online ini termasuk ke dalam rangkaian perhelatan Prambanan Jazz Festival 2020 yang terpaksa diundur karena adanya pandemi COVID-19. Awalnya, konser ini dijadwalkan pada 3-5 Juli 2020, namun diundur ke 30 Oktober-1 November 2020.

Meski begitu, pihak penyelenggara memutuskan untuk tetap menggelar Prambanan Jazz Online ini menghibur dan mengobati rasa rindu para penikmat konser musik.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

1 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
oki puntoro 18 July 2020 | 22:18:38

lahh kapan dah itu mulainya udah kelat aja

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article